Jerman Diadukan ke ICJ, Dituding Fasilitasi Genosida di Gaza

Safrezi Fitra
2 Maret 2024, 11:33
Jerman Diadukan ke ICJ, Dituding Fasilitasi Genosida di Gaza, mahkamah internasional
ANTARA FOTO/REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa/FOC/sa.
Gaza
Button AI Summarize

Nikaragua mengadukan Jerman ke Mahkamah Internasional atau International Court of Justice (ICJ) pada Jumat (1/3). Jerman diadukan atas tuduhan memfasilitasi genosida yang terjadi di Gaza.

"Nikaragua berpendapat bahwa Jerman memudahkan genosida terjadi, tidak memenuhi kewajibannya untuk melakukan segala upaya guna mencegah genosida," kata ICJ.

Menurut Nikaragua, hal ini ditunjukkan Jerman dengan memberikan dukungan politik, keuangan, dan militer kepada Israel. Jerman juga menghentikan pendanaan ke Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa urusan Pekerjaan dan Pemulihan bagi Pengungsi Palestina di Timur Dekat (UNRWA).

Nikaragua meminta ICJ untuk mengambil langkah-langkah sementara sehubungan dengan 'partisipasi Jerman dalam genosida.

Nikaragua menganggap Jerman melakukan 'pelanggaran serius terhadap hukum kemanusiaan internasional dan norma-norma hukum internasional lainnya, seperti yang sedang berlangsung di Jalur Gaza'.

Israel telah menewaskan lebih dari 30.000 orang melalui serangan-serangan yang dilancarkannya ke Jalur Gaza sejak kelompok perlawanan Palestina, Hamas, melakukan penyerbuan ke Israel pada 7 Oktober 2023. Gempuran militer Israel itu menimbulkan pengungsian besar-besaran serta menyebabkan para warga terancam kelaparan.

Pada akhir 2023, Afrika Selatan juga mengajukan kasus ke ICJ dengan membawa tuduhan bahwa Israel tidak memenuhi mandat Konvensi Genosida 1948. ICJ pada Januari mengeluarkan putusan sementara, yang menyatakan bahwa pendapat-pendapat yang diajukan Afrika Selatan masuk akal.

Badan kehakiman PBB itu kemudian mengeluarkan perintah sementara terhadap pemerintah Israel untuk berhenti melakukan genosida. Israel juga diperintahkan mengambil langkah-langkah yang menjamin para warga sipil di Gaza dapat menerima bantuan kemanusiaan.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...