Delegasi Hamas Tiba di Mesir, Tunggu Israel Bahas Gencatan Senjata

Tia Dwitiani Komalasari
3 Maret 2024, 21:10
Aktivis Greenpeace Indonesia menggelar aksi damai solidaritas untuk warga Palestina di Jakarta, Jumat (3/11/2023). Dalam aksinya mereka mengutuk keras serangan terhadap warga sipil Palestina di Gaza oleh otoritas Israel dan mendesak Israel dan Hamas untuk
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.
Aktivis Greenpeace Indonesia menggelar aksi damai solidaritas untuk warga Palestina di Jakarta, Jumat (3/11/2023). Dalam aksinya mereka mengutuk keras serangan terhadap warga sipil Palestina di Gaza oleh otoritas Israel dan mendesak Israel dan Hamas untuk segera melakukan gencatan senjata.
Button AI Summarize

Delegasi dari Hamas tiba di Kairo pada mInggu (3/3). Mereka berniat melakukan pembicaraan penting dengan Israel mengenai gencatan senjata di Gaza, Palestina.

Pertemuan tersebut berpotensi menghentikan serangan selama enam minggu di Gaza. Amerika Serikat yang menjadi sekutu Israel mengatakan kesepakatan gencatan senjata sudah “dipersiapkan” dan disetujui oleh Israel, serta tinggal menunggu persetujuan dari kelompok militan.

Namun pihak-pihak yang bertikai hanya memberikan sedikit informasi mengenai kemajuan yang dicapai.

Dikutip dari Reuters, seorang pejabat menyanggah jika kesepakatan itu tercapai. Terlebih delegasi Israel belum mengnfirmasi kehadirannya. 

Salah satu sumber yang mengetahui tentang perundingan tersebut mengatakan bahwa Israel bisa membatalkan perjanjian tersebut jika Hamas tidak terlebih dahulu memberikan daftar lengkap sandera yang masih hidup. Palestina mengatakan, tuntutantersebut  sejauh ini ditolak oleh Hamas karena dianggap terlalu dini.

Namun, seorang pejabat AS mengatakan kepada wartawan: "Jalan menuju gencatan senjata saat ini sangatlah mudah. Dan ada kesepakatan yang sedang dibahas. Ada kesepakatan kerangka kerja."

Kesepakatan ini akan menghasilkan perpanjangan gencatan senjata pertama dalam perang tersebut, yang sejauh ini telah berlangsung selama lima bulan dan hanya jeda selama seminggu pada November lalu. Puluhan sandera yang ditahan oleh militan akan dibebaskan dengan imbalan ratusan tahanan Palestina.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...