Kapal Nelayan Korsel Terbalik, 5 Hilang dan 2 WNI Dilaporkan Meninggal

Happy Fajrian
9 Maret 2024, 17:16
korea selatan, wni, kapal nelayan terbalik, kapal
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/YU
Sejumlah kapal bersandar dengan latar belakang awan mendung di kawasan Pelabuhan Nizam Zachman, Muara Baru, Jakarta, Jumat (2/2/2024).
Button AI Summarize

Sebuah kapal nelayan dengan sembilan awak kapal terbalik di lepas pantai selatan kota Tongyeong, Korea Selatan (Korsel), pada Sabtu (9/3). Penjaga pantai melaporkan ada lima orang awak kapal yang hilang.

Dari sembilan orang awak kapal, tujuh di antaranya merupakan warga negara Indonesia (WNI), dan dua warga Korea. Kapal berbobot 20 ton tersebut terbalik di perairan 68 kilometer (Km) di selatan sebuah pulau di Tongyeong, Provinsi Gyeingsang Selatan, pada pukul 06.29 waktu setempat.

Kantor berita Korsel, Yonhap, melaporkan bahwa penjaga pantai telah menemukan empat dari sembilan awak kapal, dengan tiga orang ditemukan tidak sadarkan diri di dalam kapal dan dikirim ke rumah sakit.

“Mereka, termasuk dua warga negara Indonesia, dinyatakan meninggal dunia,” kata penjaga pantai seperti dikutip dari Yonhap pada Sabtu (9/3).

Satu dari empat awak kapal yang telah ditemukan tersebut ditemukan di perairan 13 Km dari lokasi kecelakaan pada pukul 15.15 waktu setempat.

Para pejabat penjaga pantai Korsel mengatakan bahwa 12 kapal patroli penjaga patai, empat kapal angkatan laut, dan enam helikopter dikerahkan untuk mencari awak kapal yang masih hilang di lokasi kecelakaan.

Petugas mengatakan mereka belum menemukan tanda-tanda kapal yang terbalik itu menabrak kapa lain ataupun terumbu karang. Dilaporkan bahwa kapal nelayan itu meninggalkan pulau Jeju pada Kamis (7/3) pukul 10.36 pagi waktu setempat.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...