Cina Lobi Uni Eropa untuk Cari Penyelesaian Perang Rusia - Ukraina

Happy Fajrian
13 Maret 2024, 06:38
cina, uni eropa, rusia, ukraina, perang rusia ukraina
ANTARA FOTO/REUTERSATTENTION EDITORS - THIS IMAGE HAS BEEN SUPPLIED BY A THIRD PARTY. TPX IMAGES OF THE DAY /foc.
Petugas pemadam kebakaran bekerja di lokasi serangan rudal Rusia di pelabuhan laut Odesa, saat serangan Rusia terhadap Ukraina berlanjut, Ukraina 23 Juli 2022. Press service of the Joint Forces of the South Defence/Handout
Button AI Summarize

Utusan khusus Cina untuk urusan Eurasia Li Hui merampungkan misi berkeliling ke Rusia, Ukraina dan beberapa negara Eropa lainnya untuk mencari solusi atas krisis Ukraina.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Cina, Wang Wenbin mengatakan bahwa Li Hui telah mengunjungi Rusia, markas besar Uni Eropa (UE), Polandia, Ukraina, Jerman dan Prancis pada 2-12 Maret.

“Li Hui melangsungkan pembicaraan dengan pihak-pihak terkait mengenai penyelesaian jalur politik krisis Ukraina,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Cina Wang Wenbin saat menyampaikan keterangan kepada media di Beijing, Cina, pada Selasa (12/3).

Kunjungan Li Hui ke beberapa negara dengan misi mencari penyelesaian dalam konflik Ukraina-Rusia adalah yang kedua kalinya karena pada Mei 2023 ia juga pernah berkunjung ke Polandia, Prancis, Jerman dan Rusia.

“Telah ada pertukaran pandangan secara mendalam dan mediasi berbagai pihak sekaligus penyampaian informasi ke beberapa pihak. Semua pihak mengakui pentingnya kunjungan Utusan Khusus Li Hui dan memuji upaya Cina dalam mendorong perundingan perdamaian,” kata Wang Wenbin.

Wang Wenbin menyebut sudah lebih dari dua tahun sejak krisis Ukraina terjadi dan selama itu pula Cina mengambil posisi objektif dan tidak memihak serta berupaya membangun konsensus untuk mengakhiri konflik dan membuka jalan bagi perundingan perdamaian.

“Ketika konflik berlarut-larut dan situasi malah mungkin mengalami eskalasi dan memburuk, prioritas paling mendesak saat ini adalah memulihkan perdamaian,” ungkap Wang Wenbin.

Cina, kata Wang Wenbin, dengan tulus berharap pihak-pihak terkait dapat menunjukkan keinginan politik, meredakan situasi dan sama-sama berupaya untuk menerapkan gencatan senjata dini serta mendorong terciptakan arsitektur keamanan Eropa yang seimbang, efektif dan berkelanjutan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...