PBB Akui Tak Punya Kekuatan untuk Hentikan Perang Israel-Hamas di Gaza

Happy Fajrian
24 Maret 2024, 16:09
gaza, pbb, palestina, perang israel hamas, israel palestina
Instagram @unitednation
Kondisi di Jalur Gaza, Palestina.
Button AI Summarize

PBB mengakui bahwa mereka tidak memiliki kekuatan untuk menghentikan perang rezim Israel di Gaza. Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres saat konferensi pers di El Arish Mesir, Sabtu (23/3).

“Anda tidak bisa melihat begitu banyak orang terbunuh, melihat terlalu banyak penderitaan tanpa rasa frustrasi yang mendalam. Kami tidak memiliki kekuatan untuk menghentikan [perang di Gaza], saya mengimbau mereka yang berkuasa untuk melakukannya,” ujarnya seperti dikutip dari Al Jazeera, Minggu (24/3).

Guterres mengunjungi penyeberangan Rafah, antara Gaza dan Mesir, sebagai bagian dari perjalanan solidaritas tahunannya ke negara-negara Muslim selama bulan suci Ramadan. Disebutkan pula bahwa perjalanannya tahun ini bertujuan untuk menyoroti penderitaan rakyat Palestina di Gaza.

Pada kesempatan itu, Guterres juga berbicara soal bantuan kemanusiaan yang ditimbun di sisi perbatasan Mesir dengan Gaza ketika rezim Israel terus melarang masuk bantuan tersebut ke Gaza.

“Lebih dari tragis. Ini adalah sebuah penghinaan moral,” katanya seraya menyerukan kembali perang dihentikan dan memperingatkan bahwa serangan lebih lanjut akan memperburuk keadaan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...