Prancis Naikkan Peringatan Waspada Terorisme ke Level Tertinggi

Tia Dwitiani Komalasari
25 Maret 2024, 09:04
Gabriel Attal
PBS.org
Gabriel Attal
Button AI Summarize

Pemerintah Prancis meningkatkan peringatan kewaspadaan teror ke tingkat tertinggi setelah peristiswa penembakan di Moskow, Rusia.

Hal itu diumumkan Perdana Menteri Gabriel Attal setelah pertemuan dengan pejabat senior keamanan dan pertahanan serta Presiden Emmanuel Macron, Minggu (25/3).

Attal mengatakan dalam sebuah postingan di X bahwa keputusan tersebut diambil beberapa bulan sebelum Paris menjadi tuan rumah Olimpiade.

"Mengingat ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan (Moskow) dan ancaman yang membebani negara kita" ujarnya dikutip dari Reuters, Senin (25/3).

Sistem peringatan teror Prancis mempunyai tiga tingkat. Tingkat tertinggi diaktifkan ketika terjadi serangan di Prancis atau di luar negeri, atau ketika ancaman serangan dianggap sudah dekat.

Hal ini memungkinkan dilakukannya langkah-langkah keamanan yang luar biasa. Misalnya saja peningkatan patroli oleh angkatan bersenjata di tempat-tempat umum seperti stasiun kereta api, bandara, dan tempat keagamaan.

133 Orang Tewas Imbas Serangan Teroris di Moskow

 Komite Penyelidikan Rusia menyatakan jumlah korban tewas dalam serangan teroris di gedung konser Crocus City Hall dekat Moskow, Rusia, telah bertambah menjadi 133 orang.

"Operasi pencarian korban masih berlangsung," kata komite itu di aplikasi pesan Telegram, dikutip dari Antara, Minggu (24/3).

Serangan yang diikuti oleh kebakaran besar itu terjadi pada Jumat (22/3) malam di gedung konser tersebut, yang berada di Kota Krasnogorsk dekat Moskow.

Seorang koresponden Sputnik yang menyaksikan serangan itu melaporkan bahwa setidaknya tiga pria yang berpakaian kamuflase memasuki aula konser, menembaki orang-orang dari jarak dekat, dan melemparkan bom.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...