DK PBB Setujui Resolusi Gencatan Senjata di Gaza, Tak Ada Veto dari AS

Ameidyo Daud Nasution
26 Maret 2024, 11:27
pbb, dk pbb, gaza
UN Photo/Evan Schneider
Dewan Keamanan PBB
Button AI Summarize

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) menuntut gencatan senjata segera antara Israel dan kelompok Palestina Hamas serta pembebasan semua sandera. Keputusan ini merupakan hasil pemungutan suara DK PBB pada Senin (25/3).

Keputusan ini bisa berjalan usai Amerika Serikat abstain dan tak memveto pemungutan suara tersebut. Sedangkan 14 anggota dewan yang tersisa memberikan suara mendukung resolusi tersebut.

Resolusi tersebut menyerukan gencatan senjata segera pada Ramadan, yang akan berakhir dua minggu lagi. Resolusi juga menuntut pembebasan semua sandera yang ditangkap dalam serangan Hamas pada 7 Oktober.

“Pertumpahan darah telah berlangsung terlalu lama,” kata Duta Besar Aljazair, Amar Bendjama, duta besar dari Aljazair dikutip dari Al Jazeera, Selasa (26/3).

AS sebelumnya berulang kali memblokir resolusi Dewan Keamanan yang memberikan tekanan pada Israel. Meski demikian, Negeri Abang Sama belakangan semakin menunjukkan rasa frustrasi terhadap sekutunya itu ketika korban sipil meningkat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...