Kubu Oposisi Korsel Menang Pemilu Legislatif, Bakal Kuasai Parlemen

Yuliawati
Oleh Yuliawati
12 April 2024, 18:51
Presiden Korea Selatan )Korsel) Yoon Suk-yeol berjalan menuju lokasi KTT G20 Indonesia 2022 di Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022).
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Akbar Nugroho Gumay/wsj.
Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol berjalan menuju lokasi KTT G20 Indonesia 2022 di Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022).
Button AI Summarize

Kubu oposisi Korea Selatan memenangi pemilihan legislatif dengan mengalahkan koalisi pemerintah Partai Kekuatan Rakyat (PPP) yang mendukung Presiden Yoon Suk-yeol.

Partai Demokrat, sebagai partai oposisi utama Korsel, dan partai sekutunya memenangi total 176 dari 300 kursi di Majelis Nasional Korea Selatan. Sedangkan PPP dan partai sekutunya, Partai Masa Depan Rakyat, hanya memenangi 108 kursi.

Presiden Yoon mengakui kekalahan koalisinya dan menyebut dirinya menerima pilihan rakyat.

"Saya akan menerima pilihan rakyat dalam pemilihan umum ini dengan rendah hati, dan saya akan berjuang untuk mereformasi pemerintahan serta bekerja keras mewujudkan kestabilan ekonomi dan memperbaiki kualitas hidup rakyat," kata Yoon, dikutip dari Yonhap, Jumat (12/4).

Sebagai bentuk tanggung jawab atas kekalahan dalam pemilu, pemimpin PPP Han Dong-hoon menyatakan mundur dari jabatannya. Perdana Menteri Han Duck-soo dan staf senior kepresidenan lainnya turut mengajukan pengunduran diri.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...