AS dan Inggris Ikut Bantu Israel Tangkis Serangan Drone Iran

Ameidyo Daud Nasution
14 April 2024, 16:11
Pesawat nirawak Iran. Foto: Antara
Antara
Pesawat nirawak Iran. Foto: Antara
Button AI Summarize

Israel mengklaim ratusan pesawat nirawak dan rudal yang diluncurkan Iran tak mengenai sasaran atau hancur sebelum menghantam target. Amerika Serikat dan sekutunya ikut dalam menghalau serangan tersebut.

Dikutip dari CNN, seorang pejabat AS menyatakan kapal perang dan pesawat tempur Negeri Abang Sam menghalau lebih dari 70 drone dan tiga rudal balistik Iran menghujani Israel.

Tiga rudal Iran dilumpuhkan kapal perang AS dengan sistem pertahanan rudal Aegis dari atas dua kapal perusak berpeluru kendali di sis timur Laut Tengah.

Komitmen bantuan ini sebelumnya disampaikan Presiden AS Joe Biden. Ia bahkan meminta kapal perang AS untuk mendekati wilayah Israel untuk berjaga-jaga atas serangan Iran.

"Militer AS memindahkan pesawat dan kapal perusak pertahanan rudal balistik ke wilayah tersebut selama seminggu terakhir,” kata Biden dalam sebuah pernyataan.

SESI PARTNERSHIP FOR GLOBAL INFRASTRUCTURE KTT G20
SESI PARTNERSHIP FOR GLOBAL INFRASTRUCTURE KTT G20 (ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Aditya Pradana Putra/nym.)

Sedangkan dikutip dari BBC, Kementerian Pertahanan Inggris menyatakan Angkatan Udara Inggris (RAF) ikut melumpuhkan drone Iran. Kemenhan Inggirs juga menyatakan siap menghalau serangan berikutnya.

Dalam pernyataannya, Garda Revolusi Iran meminta AS dan sekutunya tak ikut campur dalam mempertahankan Israel. Mereka mengancam akan memberikan respons keras apabila ikut berpartisipasi dalam menyerang fasilitas milik negara tersebut.

Sebagai informasi, Iran meluncurkan 300 drone dan rudal ke wilayah Israel. Serangan ini terjadi setelah pernyataan Iran yang akan membalas serangan yang terjadi di fasilitas diplomatiknya di Ibu Kota Suriah, Damaskus pada 1 April lalu. 

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...