AS Memveto Upaya Palestina Dapatkan Status Kenegaraan di PBB

Hari Widowati
19 April 2024, 06:08
AS memblokir resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang akan mengakui negara Palestina.
UN Photo/Evan Schneider
Amerika Serikat (AS) memblokir resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang akan mengakui negara Palestina.
Button AI Summarize

Amerika Serikat (AS) memblokir resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang akan mengakui negara Palestina. Dua belas anggota Dewan Keamanan telah memberikan suara mendukung resolusi tersebut, AS memveto, sedangkan dua negara abstain.

Vedant Patel, Wakil juru bicara Departemen Luar Negeri AS, telah mengumumkan sebelumnya bahwa AS akan memberikan suara menentang resolusi tersebut. "(Sikap) AS sangat jelas, secara konsisten, bahwa tindakan prematur di New York (Markas PBB), bahkan dengan niat terbaik sekalipun, tidak akan mencapai kenegaraan bagi rakyat Palestina," kata Patel seperti dikutip CNN, Kamis (18/4).

Dia juga mencatat bahwa tidak ada suara bulat mengenai apakah Palestina memenuhi kriteria keanggotaan sebagai negara di PBB. Patel mengatakan AS percaya bahwa kenegaraan di masa depan harus bergantung pada negosiasi antara Israel dan perwakilan Palestina.

"Jalan yang paling cepat menuju kenegaraan bagi rakyat Palestina adalah melalui negosiasi langsung antara Israel dan Otoritas Palestina dengan dukungan Amerika Serikat dan mitra lain yang memiliki tujuan yang sama," kata Patel.

Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas mengkritik keras veto AS. Ia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa veto tersebut tidak adil, tidak bermoral, dan tidak dapat dibenarkan, serta menentang kehendak masyarakat internasional, yang sangat mendukung Negara Palestina untuk mendapatkan keanggotaan penuh di Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...