Karier Politik Valdimir Putin, Lima Periode Jadi Presiden Rusia

Safrezi Fitra
8 Mei 2024, 18:31
Karier Politik Valdimir Putin, Lima Periode Jadi Presiden Rusia, profil putin, profil Vladimir Putin, presiden Rusia, rusia
ANTARA FOTOMaxim Shemetov/hp.
Presiden Rusia Vladimir Putin
Button AI Summarize

Vladimir Putin kembali dilantik sebagai Presiden Rusia untuk enam tahun ke depan. Ia memenangkan pemilu pada Maret lalu dengan perolehan 87,28 persen suara.

Setelah sah ditetapkan sebagai pemenang Putin mengambil sumpah di hadapan rakyat dalam upacara pelantikan yang berlangsung di Istana Agung Kremlin. Pelantikan digelar di ibu kota Moskow pada Selasa, 7 Mei 2024.

Ini merupakan periode kelima dia menjabat sebagai Presiden Rusia setelah pertama kali menjabat 24 tahun lalu. Pelantikan Putin sebagai Presiden Rusia sebelumnya terjadi pada tahun 2000, 2004, 2012, dan 2018.

Dua masa jabatan pertamanya sebagai presiden masing-masing berlangsung selama empat tahun. Namun, masa jabatan presiden kemudian diperpanjang menjadi enam tahun sejak 2012, karena amandemen konstitusi Rusia.

Putin, memimpin Kremlin delapan tahun setelah jatuhnya Uni Soviet. Dia akan merebut rekor Josef Stalin sebagai penguasa Rusia yang paling lama menjabat sejak Permaisuri Yekaterina yang Agung, jika ia menyelesaikan masa jabatannya.

Profil Vladimir Putin

Putin memiliki nama lengkap Vladimir Vladimirovich Putin, lahir pada 7 Oktober 1952 di Leningrad, Rusia. Ayahnya seorang mandor di bengkel kereta api dan ibunya hanya ibu rumah tangga biasa.

Setelah menamatkan sekolahnya di St. Petersburg, Putin melanjutkan pendidikan hukum di Universitas Negeri Leningrad dan lulus pada tahun 1975. Setelah lulus kuliah, dia mengejar impiannya untuk menjadi perwira intelijen di Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti atau KGB.

Setelah bekerja selama enam bulan di Divisi Intelijen dan karier yang gemilang, Putin pun kemudian mendapatkan pelatihan khusus selama satu tahun di Moscow. Dia bekerja di KGB selama lebih kurang lima tahun sebelum akhirnya memutuskan untuk kembali menuntut ilmu di Andropov Red Banner Institute.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...