Rekam Jejak PM Slovakia yang Ditembak, Ubah Kebijakan Jadi Pro Rusia

Tia Dwitiani Komalasari
16 Mei 2024, 08:42
Perdana Menteri Slovakia Robert Fico
Instagram @robert.fico
Perdana Menteri Slovakia Robert Fico
Button AI Summarize

Perdana Menteri  (PM) Slovakia, Robert Fico, ditembak lima kali oleh pria bersenjata yang tidak dikenal pada Rabu (15/5). Pria berusia 59 tahun tersebut sempat berada dalam kondisi kritis beberapa jam setelah kemudian dinyatakan dalam kondisi stabil.

Menteri Dalam Negeri  Slovakia, Matus Sutaj Estok,mengatakan bahwa Fico berada dalam kondisi yang mengancam jiwa saat ia masih berada di ruang operasi.

"Percobaan pembunuhan ini bermotif politik dan keputusan pelaku lahir tidak lama setelah pemilihan presiden," kata Sutaj Estok, dikutip dari BBC Newshour, Kamis (16/5).

Penembakan yang terjadi di kota Handlova, Slovakia tengah, ini mengejutkan negara kecil tersebut dan mengundang kecaman internasional. Slovakia, merupakan anggota NATO dan Uni Eropa. Negara itu memiliki sedikit sejarah kekerasan politik.

Kebijakan Pro Rusia

Dikutip dari Reuters, Fico menjadi PM Slovakia untuk keempat kalinya pada bulan Oktober. Dia telah mengubah kebijakan luar negeri negara tersebut dari pro Eropa ke arah pandangan yang lebih pro-Rusia.

Selama tiga dekade berkarir, Fico telah dengan terampil mengalihkan kebijakannya antara posisi arus utama yang pro-Eropa, menjadi sikap anti-Brussel dan anti-Amerika yang bersifat nasionalis. Dia mengambil posisi yang lebih ekstrim selama empat tahun terakhir yang mencakup kritik keras terhadap sekutu Barat.

Fico juga berjanji untuk menghentikan dukungan militer untuk Ukraina, penolakan terhadap sanksi terhadap Rusia, dan ancaman untuk memveto setiap undangan keanggotaan NATO di masa depan untuk Ukraina.

Koalisinya menghentikan pengiriman senjata resmi Slovakia ke Ukraina. Dia juga sempat melontarkan pernyataan bahwa pengaruh negara barat dalam perang yang hanya menyebabkan negara-negara Slavia saling membunuh.

“Fico adalah seorang teknisi kekuasaan, sejauh ini yang terbaik di Slovakia. Dia tidak memiliki tandingannya saat ini,” kata sosiolog Michal Vasecka, dari Bratislava Policy Institute.

Vasecka mengatakan, Fico selalu mengikuti jajak pendapat dan memahami apa yang menjadi opin masyarakat. Seruan kampanyenya, "Tidak ada satu putaran pun" untuk Ukraina, menarik pemilih di negara berpenduduk 5,5 juta jiwa itu, di mana hanya sebagian kecil negara anggota NATO yang percaya bahwa Rusia bersalah atas perang di Ukraina.

Pernah Bergabung dengan Partai Komunis

Fico, yang menurut para analis terinspirasi oleh Viktor Orban dari Hongaria, mengatakan dia menaruh perhatian pada kepentingan Slovakia dan ingin perang diakhiri. Sekutu Barat dan Ukraina mengatakan penghentian bantuan militer ke Kyiv hanya akan membantu Rusia.

“Kami melihat Viktor Orban sebagai salah satu politisi Eropa yang tidak takut untuk secara terbuka membela kepentingan Hongaria dan rakyat Hongaria,” kata Fico tahun lalu.

"Dia mengutamakan kepentingan mereka. Dan itu seharusnya menjadi peran seorang politisi terpilih, untuk menjaga kepentingan pemilihnya dan negaranya," lanjut Fico.

Lahir dari keluarga kelas pekerja, Fico lulus dengan gelar sarjana hukum pada 1986 dan bergabung dengan partai Komunis yang berkuasa saat itu. Setelah jatuhnya kekuasaan Komunis pada 1989, ia bekerja sebagai pengacara pemerintah, memenangkan kursi di parlemen di bawah partai Komunis yang berganti nama, dan mewakili Slovakia di Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa.

Fico telah memimpin partai SMER-Sosial Demokrasi sejak 1999. Dia juga sekaligus pendiri partai tersebut untuk menentang kabinet sayap kanan-tengah yang reformis.

Dia memanfaatkan ketidakpuasan terhadap reformasi ekonomi liberal dalam kemenangan pemilu pertamanya pada tahun 2006. Namun, ia juga menjaga agar negaranya tetap mengadopsi euro pada 2009 meski telah membentuk pemerintahan dengan kelompok nasionalis.

Kabinet keduanya menang setelah koalisi kanan-tengah lainnya bubar dua tahun kemudian, dan sikap keras terhadap migran membantunya memenangkan pemilu kembali pada 2016. Setelah kemenangan itu, ia menyatakan ingin Slovakia menjadi bagian inti UE bersama Prancis dan Jerman. .

Nasib politik Fico memudar pada 2018 ketika jurnalis Jan Kuciak, yang sedang menyelidiki korupsi tingkat tinggi, dan tunangannya Martina Kusnirova dibunuh oleh seorang pembunuh bayaran. Hal ini memicu protes massal terhadap korupsi dan Fico terpaksa mengundurkan diri. SMER kehilangan kekuasaan pada pemilu 2020 karena partai-partai yang berjanji memberantas korupsi, dan partainya terpecah.

Dengan perolehan suara di bawah 10%, Fico pernah berupaya mengatasi ketakutan pemilih selama pandemi virus corona ketika ia mengecam langkah-langkah kesehatan pemerintah.

“Dia menjadi perwakilan politik paling menonjol dari gerakan menentang masker atau vaksinasi,” kata analis politik Grigorij Meseznikov.

Pada saat yang sama, ia memanfaatkan ketidakpuasan atas perselisihan yang terjadi di pemerintahan yang berkuasa dan menimbulkan keraguan terhadap kebijakan pemerintah yang pro-Barat. Fico menyuarakan narasi pro-Rusia di jejaring sosial yang tersebar di seluruh Slovakia.

Dia juga menepis tudingan suap yang menghantui partainya selama karier politiknya. Dia didakwa melakukan konspirasi kriminal pada 2022 untuk menggunakan informasi polisi dan pajak pada musuh politik – tuduhan yang dia bantah dan kemudian dibatalkan.




Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...