Joe Biden Positif Covid, Batal Pidato di Las Vegas

Hari Widowati
18 Juli 2024, 06:17
Gedung Putih menyatakan Presiden Amerika Serikat Joe Biden dinyatakan positif Covid-19, pada Rabu (17/7).
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.
Gedung Putih menyatakan Presiden Amerika Serikat Joe Biden dinyatakan positif Covid-19, pada Rabu (17/7).
Button AI Summarize

Gedung Putih menyatakan Presiden Amerika Serikat Joe Biden dinyatakan positif Covid-19, pada Rabu (17/7). Sekretaris Gedung Putih Karine Jean-Pierre menyatakan Biden mengalami gejala ringan Covid-19.

"Biden akan kembali ke Delaware di mana dia akan mengisolasi diri dan akan terus menjalankan semua tugasnya secara penuh selama waktu itu," kata Jean-Pierre, seperti dikutip CNBC.

Menurutnya, Biden telah divaksinasi dan imunitasnya diperkuat. “Gedung Putih akan memberikan informasi terbaru secara teratur tentang status Presiden saat ia terus menjalankan tugas-tugas kantor secara penuh selama masa isolasi,” katanya.

Biden naik ke Air Force One di Las Vegas sekitar pukul 18:30 waktu setempat. Presiden tampak tidak mengenakan masker saat menaiki pesawat.

Dokter Biden mengatakan bahwa Biden menderita pilek dan batuk tidak berdahak, pada Rabu (17/7) sore.

“Dia merasa baik-baik saja untuk acara pertamanya hari itu, tetapi karena dia tidak merasa lebih baik, pengujian di tempat perawatan untuk Covid-19 dilakukan, dan hasilnya positif untuk virus Covid-19,” kata dokter tersebut dalam sebuah pernyataan yang dibagikan oleh Gedung Putih.

Gejala yang dialami Biden tetap ringan dengan suhu dan laju pernapasan normal serta pembacaan oksimetri nadi 97%. “Presiden telah menerima dosis pertama Paxlovid. Dia akan mengisolasi diri di rumahnya di Rehoboth,” ujar dokter tersebut.

Kampanye di Las Vegas Batal

Biden dijadwalkan untuk menyampaikan pidato pada Rabu sore di Konferensi Tahunan UnidosUS di Las Vegas, setelah wawancara dengan Univision di Restoran Original Lindo Michoácan.

Namun, Biden tidak hadir di konferensi pada waktu yang dijadwalkan pada pukul 16:30 waktu setempat. Setelah pukul 18.00, Presiden Dewan Nasional La Raza Janet Murguia mengumumkan kepada hadirin bahwa Biden dinyatakan positif terjangkit virus tersebut.

“Sangat disayangkan, saya baru saja berbicara melalui telepon dengan Presiden Biden, dan dia menyampaikan kekecewaannya yang mendalam karena tidak dapat bergabung dengan kami sore ini. Presiden telah menghadiri banyak acara, seperti yang kita semua tahu, dan dia baru saja dites positif Covid,” kata Murguia.

Penyakit ini muncul ketika Biden, 81 tahun, mendapat tekanan dari rekan-rekannya di Partai Demokrat untuk menarik diri dari pemilihan presiden melawan calon dari Partai Republik, Donald Trump.

Semakin banyak anggota parlemen dari Partai Demokrat dan donor utama yang mendesak Biden untuk minggir setelah penampilan debatnya yang buruk memicu kepanikan tentang kebugarannya untuk berkampanye.

Biden telah berulang kali menolak seruan tersebut dan membela kesehatan fisik dan mentalnya. Namun, dalam sebuah wawancara dengan BET, pada Selasa (16/7), Biden mengatakan bahwa ia mungkin akan mempertimbangkan kembali keputusannya untuk tetap mengikuti pemilihan jika “kondisi medis” muncul.

Biden sebelumnya dinyatakan positif Covid pada Juli 2022.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...