Yahya Sinwar jadi Pemimpin Hamas Gantikan Ismail Haniyeh yang Terbunuh

Ameidyo Daud Nasution
7 Agustus 2024, 09:30
hamas, yahya sinwar, ismail haniyeh
ANTARA FOTO/REUTERS/Mohammed Salem/Pool/hp/cf
Ketua Hamas Palestina Gaza Yahya Al-Sinwar (kiri) dan kepala intelejen umum Mesir Abbas Kamel berjalan saat mereka bertemu di Gaza, Senin (31/5/2021).
Button AI Summarize

Hamas menunjuk Yahya Sinwar sebagai pemimpin mereka, menggantikan Ismail Haniyeh yang dibunuh di Teheran pekan lalu. Yahya merupakan salah satu aktor di balik serangan 7 Oktober ke Israel.

"Gerakan Perlawanan Islam Hamas mengumumkan pemilihan Komandan Yahya Sinwar sebagai kepala biro politik gerakan tersebut," demikian keterangan Hamas dikutip dari Reuters, Rabu (7/8).

Pengangkatan Yahya Sinwar disambut salvo roket Hamas dari Gaza. Saat ini, Yahya masih berada di Gaza dan menjadi buruan Israel.

Yahya Sinwar menghabiskan separuh masa dewasanya di penjara Israel. Ia merupakan pemimpin Hamas paling berkuasa setelah pembunuhan Ismail Haniyeh di Iran.

Sebagai informasi, Israel telah membunuh sejumlah pemimpin senior Hamas seeperti Wakil Pemimpin Saleh a-Arouri serta Komandan Militer Hamas Mohammed Deif.

Yahya Sinwar lahir di Khan Younis pada 61 tahun lalu. Ia menjadi pemimpin Hamas di Gaza pada 2017, sedangkan Ismail Haniyeh memimpin dari Qatar.

Ia sebelumnya adalah kepala keamanan Al-Majd. Tugasnya melacak, menghukum, serta membunuh warga Palestina yang dituduh bekerja sama dengan dinas rahasia Israel.

Nama Yahya Sinwar juga masuk dalam daftar hitam Pengadilan Kriminal Internasional atau ICC. Jaksa ICC Karim Khan mengajukan permintaan agar Sinwar ditangkap untuk dihadirkan di pengadilan atas serangan 7 Oktober.

Nama lain yang masuk daftar hitam adalah Ismail Haniyeh, kepala sayap militer Hamas Mohammed Diab Ibrahim Masri, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, dan Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...