8 Manfaat Daun Alpukat untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Image title
16 Agustus 2021, 08:54
Petani memanen buah alpukat miki (Persea Americana) di Kecamatan Bukit Kapur, Kota Dumai, Riau, Sabtu (21/3/2020). Tak hanya buahnya yang baik untuk tubuh, ada banyak manfaat daun alpukat yang berguna untuk kesehatan, meliputi pencegahan diabetes hingga i
ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid/pras.
Petani memanen buah alpukat miki (Persea Americana) di Kecamatan Bukit Kapur, Kota Dumai, Riau, Sabtu (21/3/2020).

Alpukat telah terbukti memiliki manfaat manfaat kesehatan yang baik untuk sistem tubuh serta mudah untuk dikonsumsi. Namun, tidak banyak orang yang membicarakan manfaat dari daun alpukat.

Tidak hanya buahnya yang baik untuk tubuh, daun alpukat juga berpotensi mencegah penyakit dan mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat daun alpukat bisa kita dapatkan dengan menggunakan air rebusan daun alpukat.

Beberapa penelitian menunjukan potensi dari daun alpukat sebagai pengobatan untuk masalah kesehatan seperti pilek, flu, sakit perut, radang sendi, dan tekanan darah tinggi.

Karakteristik Daun Alpukat

Daun alpukat berukuran kecil hingga sedang dan berbentuk lonjong hingga elips, dengan lebar rata-rata 4-10 sentimeter dan panjang 10-30 sentimeter. Permukaan di bagian atas daun berwarna hijau tua dan kasar, sedangkan bagian bawah daun berwarna hijau muda hingga coklat.

Ada urat hijau keputihan yang menonjol yang menjalar pada daun yang berbentuk memanjang dan ramping. Daun alpukat biasanya dipanggang sebelum digunakan. Aroma daun alpukat seperti perpaduan kacang dan adas manis yang lembut namun memiliki rasa yang sedikit pahit dan tajam.

Daun alpukat biasanya dipanen dari varietas alpukat Meksiko, yang secara botani diklasifikasikan sebagai Persea drymifolia. Daun alpukat masih dalam klasifikasi famili yang sama dengan daun salam.

Daun alpukat secara komersial ditemukan dalam bentuk segar dan kering serta digunakan sebagai obat dan bahan masakan. Daun alpukat merupakan sumber serat dan antioksidan yang sangat baik seperti fenol dan flavonoid yang memiliki sifat anti-inflamasi. Selain itu, daun alpukat juga mengandung seng, mangan, kalsium, natrium, magnesium, besi, dan kalium.

Manfaat Daun Alpukat

1. Mengandung Antioksidan

Alpukat dikenal tinggi antioksidan, tetapi daun alpukat memiliki konsentrasi yang lebih tinggi daripada buahnya. Daun alpukat memiliki senyawa yang disebut quercetin yang mampu menghilangkan radikal bebas dari tubuh.

Radikal bebas adalah produk degenerasi yang terjadi secara alami dalam tubuh kita sebagai akibat dari oksigenasi. Antioksidan dalam daun alpukat dapat memperlambat atau bahkan mencegah proses ini terjadi sehingga menjaga tubuh kita lebih sehat.

2. Mengobati Batu Ginjal

Daun alpukat mengandung alkaloid, flavonoid, dan saponin. Semua ini adalah zat ampuh yang memiliki potensi untuk memecah batu ginjal. Penelitian menunjukkan bahwa minum 2 cangkir air rebusan daun alpukat setiap hari dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan batu ginjal. Kebanyakan orang melihat hasilnya dalam sepuluh hari.

Halaman:
Editor: Redaksi

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...