13 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan, Cegah Kanker hingga Penyakit Gusi

Image title
13 Agustus 2021, 16:31
Manfaat alpukat yang mengandung banyak nutrisi untuk kesehatan tubuh
Los Muertos Crew/Pexels
Manfaat alpukat mengandung banyak nutrisi untuk kesehatan tubuh.

Alpukat adalah buah yang berasal dari tanaman Persea americana dan berasal dari Lembah Tehuacan di negara bagian Puebla, Meksiko, meskipun bukti fosil menunjukkan spesies serupa tersebar luas jutaan tahun yang lalu. Tanaman alpukat dapat tumbuh hingga 20 meter dengan daun yang mencapai ukuran 12 sampai 25 sentimeter (cm).

Buah ini mengandung lemak dan serat yang baik untuk membantu tubuh tetap kenyang lebih lama. Alpukat juga merupakan sumber vitamin C, E, K, dan B-6, serta riboflavin, niacin, folat, asam pantotenat, magnesium, dan kalium yang baik untuk kesehatan.

Alpukat sebagian besar mengandung lemak tak jenuh tunggal dengan sedikit lemak jenuh dan lemak tak jenuh ganda. Sebagian besar lemak tak jenuh tunggal itu adalah asam oleat, yakni asam lemak yang sangat sehat.

Porsi 80 gram alpukat mengandung:

  • 152Kkal/627KJ
  • 5 gram (g) protein
  • 6 gram lemak
  • 5 gram karbohidrat
  • 6 gram serat
  • 360 miligram (mg) kalium
  • 56 miligram Vit E
  • 485 miligram kalium
  • 81 mikrogram folat
  • 0,257 miligram vitamin B6
  • 10 miligram vitamin C
  • 2,07 miligram vitamin E

Manfaat alpukat untuk kesehatan dapat disimak melalui pembahasan dan fakta ilmiah yang disajikan berikut ini.

1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Sebuah studi pada 2015 yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association menemukan, makan satu alpukat per hari dapat menurunkan kolesterol rendah lemak dengan mengurangi LDL (low-density lipoprotein atau kolesterol "jahat").

2. Menurunkan berat badan

Sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam Nutrition Journal menyebut, orang yang makan alpukat sebagai makanan pokok merasa 23% lebih puas dan memiliki keinginan makan 28% lebih rendah dalam lima jam ke depan dibandingkan orang yang tidak makan alpukat.

Hal tersebut dapat membantu untuk menjaga tubuh agar kenyang lebih lama sekaligus menahan nafsu makan berlebih. Karena itu, alpukat mampu menurunkan berat badan.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Satu alpukat sehari dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol jahat pada orang yang kelebihan berat badan dan obesitas, menurut penelitian pada 2015 dalam Journal of American Heart Association. Jadikan alpukat bagian dari rencana makan sehat harian Anda, tetapi pertimbangkan untuk mengurangi porsinya menjadi: setengah dari buah utuh alias 120 kalori.

4. Meningkatkan daya ingat dan kesehatan otak

Alpukat kaya akan asam oleat (atau OEA), yaitu asam lemak omega-9 yang berhubungan dengan peningkatan kemampuan kognitif. Sebuah studi 2009 yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences, Amerika Serikat, menemukan jenis asam lemak omega-9 dalam alpukat dapat meningkatkan daya ingat dan kesehatan otak.

5. Memenuhi asupan nutrisi yang sehat

Sebuah studi pada 2013 yang diterbitkan  Nutrition Journal menyebut, mengonsumsi alpukat dapat memenuhi asupan nutrisi yang sehat dan tingkat sindrom metabolik yang lebih rendah. Karena itu, orang yang mengonsumsi alpukat juga memiliki berat badan yang lebih rendah, lemak perut yang lebih sedikit, dan kadar HDL (high-density lipoprotein, atau kolesterol "baik") yang lebih tinggi.

6. Membantu mencegah dan mengobati kanker

Sebuah studi pada 2015 yang diterbitkan Cancer Research menemukan, avocatin B dalam alpukat dapat membantu membunuh sel-sel leukemia. Sebuah tinjauan penelitian dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry juga menyebut  fitokimia (senyawa tanaman) dalam alpukat berpotensi memiliki manfaat untuk mencegah kanker.

7. Membantu menurunkan risiko depresi

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fats). Mengonsumsi lemak tersebut telah terbukti dapat mengurangi depresi serta menyeimbangkan asupan lemak sehingga dapat membantu mengendalikan depresi. Jumlah folat yang tinggi dalam alpukat juga terbukti membantu menjaga zat kimia otak, dopamin, dan serotonin agar seimbang.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...