8 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan dan Tips Mengonsumsinya

Dwi Latifatul Fajri
30 Oktober 2021, 23:55
Manfaat Buah Plum
pixabay.com/ponce_photography

Buah plum merupakan buah berukuran kecil, dengan kulit luar halus dan bagian dalamnya bertekstur lembut. Plum masih satu keluarga rosaceae, termasuk persik, nektarin, dan aprikot.

Buah ini pertama kali ditemukan di Cina ribuan tahun lalu. Kemudian, buah plum diperkenalkan di Jepang, sampai dibudidayakan di Eropa, dan Amerika. Saat ini terdapat 2.000 varietas buah plum yang tumbuh di seluruh dunia.

Ukuran buah plum bisa bervariasi dari besar hingga kecil. Buah ini memiliki warna beragam seperti merah, ungu, hijau, kuning, atau oranye, dan dagingnya berwarna merah muda, kuning, atau oranye. Rasa buah plum cenderung manis dan kerap dijadikan makanan penutup atau tambahan buah pada salad.

Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan

Manfaat buah plum untuk kesehatan, yaitu mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Buah berkulit halus ini juga mengandung mineral, serat, zat besi, fosfor, dan seng. Jenis vitamin yang ada di dalam buah plum antara lain vitamin A, C, B1, B2, B3, B6, B9, B12, K.

Buah plum bisa dimakan ketika segar atau dikeringkan. Buah yang sudah dikeringkan ini baik untuk mencegah sembelit dan osteoporosi. Berikut manfaat kesehatan dari buah plum:

1. Mengurangi Sembelit

Sembelit atau susah buang air besar menjadi masalah beberapa orang. Buah plum bisa mengurangi sembelit karena mengandung 1 gram serat. Serat dalam buah berperan mencegah sembelit dan mempercepat laju kotoran melalui saluran pencernaan.

Plum efektif mengobati sembelit layaknya obat pencahar psyllium. Obat ini mengandung serat yang dipakai untuk mengurangi sembelit. Buah plum mengandung gula alkohol yang bisa menjadi obat pencahar alami.

Mengutip Healthline.com, dilakukan penelitian terhadap orang yang mengonsumsi 50 gram buah plum setiap hari, selama tiga minggu. Hasilnya, buah plum dapat mengurangi sembelit dan buang air besar menjadi lebih lancar. Namun perlu diingat, mengonsumsi buah plum berlebihan bisa menimbulkan diare. Sebaiknya, konsumsi buah plum sebanyak 1/2  cangkir atau sekitar 44-87 gram setiap hari.

2. Kaya Antioksidan

Buah plum bisa mengurangi peradangan dan melindungi sel-sel dari paparan radikal bebas. Kandungan antioksidan ini bermanfaat untuk kesehatan tulang, mengurangi risiko penyakit jantung, dan diabetes.

Beberapa penelitian dilakukan pada buah plum untuk uji antioksidan. Hasilnya, buah plum mengandung antioksidan polifenol lebih tinggi daripada buah persik.

Beberapa penelitian menguji hewan untuk melihat anti-inflamasi pada buah plum. Kandungan ini memiliki kemampuan mencegah kerusakan sel yang sering menyebabkan penyakit.

Polifenol bisa mengurangi penanda inflamasi pada sendi dan paru-paru. Ada juga jenis polifenol anthocyanin yang mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker. Tetapi penelitian ini perlu diuji pada manusia untuk mengetahui manfaatnya lebih lanjut.

3. Mengurangi Tekanan Darah

Buah plum bisa mengontrol gula darah. Serat pada buah plum efektif melancarkan gula darah dengan cara memperlambat penyerapan karbohidrat tubuh ketika sedang makan. Karbohidrat tersebut bisa menyebabkan gula darah meningkat secara bertahap.

Konsumsi buah plum bisa mengurangi risiko diabetes tipe dua. Tetapi, pastikan buah plum dikonsumsi sesuai kebutuhan tubuh, di mana asupan buah plum dalam sehari sekitar 44-87 gram setiap hari.

4. Menyehatkan Jantung

Buah plum bisa mengurangi tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan plum bisa memberikan perlindungan untuk kesehatan jantung.

Sebuah penelitian dilakukan pada beberapa orang. Subjek penelitian, rutin memakan 3-6 buah plum selama 8 minggu. Sementara orang lain minum segelas air ketika perut kosong.

Hasilnya, orang yang mengonsumsi buah plum, memiliki tekanan darah normal dan mampu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Sementara itu, penelitian lain yang dilakukan pada pria yang menderita kolesterol menunjukkan kalau buah plum bisa mengurangi kadar kolesterol jahat rendah. Itu terjadi setelah mengonsumsi 12 buah plum selama 8 minggu.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...