10 Manfaat Buah Kiwi untuk Kecantikan dan Kesehatan

Dwi Latifatul Fajri
29 Oktober 2021, 16:05
Buah Kiwi
pixabay.com/yana_tik

Buah Kiwi atau gooseberry merupakan buah beri berukuran besar. Pohon kiwi berasal dari genus actinida dan berasal dari Tiongkok. Ciri-ciri buah ini berbentuk lonjong seperti telur ayam. Di bagian luar, kulit buah kiwi berwarna coklat kehijauan dan dilapisi bulu halus. Sedangkan bagian dalam buah kiwi berwarna hijau, berair, dan teksturnya lembut.

Awalnya, buah kiwi berasal dari Cina, kemudian dibudidayakan di Selandia baru mulai tahun 1904. Orang Selandia Baru menyebutnya sebagai "Kiwi" yang juga nama burung nasional di sana.

Buah kiwi memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, seperti membantu mengurangi tekanan darah, meningkatkan penyembuhan luka, dan membantu menjaga kesehatan usus.

Vitamin C pada buah kiwi juga bisa menjadi antioksidan yang berkhasiat untuk tubuh. Adapun kandungan lain pada buah ini, yaitu serat, vitamin A, vitamin K, kalsium, asam amino, dan folat.

Manfaat Buah Kiwi untuk Kecantikan dan Kesehatan

Kiwi memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. Buah kiwi bisa menjadi bahan tambahan pada salad buah untuk diet. Diet tinggi serat bisa menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Selain kesehatan, buah kiwi juga baik untuk perawatan kulit dan kecantikan.

Kandungan buah kiwi juga baik untuk kesehatan karena mengandung serat, folat, dan vitamin E. Folat merupakan nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan pembelahan sel. Serat baik untuk pencernaan dan mengurangi resiko diabetes. Sedangkan vitamin E mencegah kerusakan akibat radikal bebas.

Berikut manfaat buah kiwi untuk kecantikan dan kesehatan: 

Manfaat Buah Kiwi
Manfaat Buah Kiwi (pixabay.com/Shutterbug75)

1. Menjaga Kelembaban Kulit

Salah satu keuntungan yang ditawarkan buah kiwi adalah menjaga kelembaban kulit. Anda yang memiliki tipe kulit kering dianjurkan mengonsumsi buah ini. Kandungan vitamin C tinggi bisa meningkatkan lipid atau penghalang di kulit. Lipid pada kulit bisa membantu mengunci kelembaban dan mengikat sel-sel.

Menurut laporan yang diterbitkan jurnal Nutrients, lipid dan mikrobioma kulit bisa mencegah kehilangan air akibat mikroorganisme. Jika Anda ingin kulit lembut dan cerah, cobalah memakai masker dari bahan kiwi.

2. Mencegah Penuaan Dini

Mengutip dari Veeno.com, pemakaian tabir surya dapat menjaga kulit tetap lembab, sehat, dan awet muda. Faktor lingkungan seperti polusi, sinar matahari, dan udara kotor bisa mempengaruhi kerusakan kulit.

Ada beberapa cara mencegah penuaan dini, yaitu mengonsumsi atau memakai produk yang mengandung vitamin C dan E. Kedua vitamin ini memiliki antioksidan kuat yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kiwi mengandung vitamin C yang bisa meningkatkan perlindungan pada kulit dari paparan sinar UV dan membantu produksi kolagen. Anda bisa memakai produk perawatan dari ekstrak kiwi dan membersihkan wajah di malam hari. Produk kecantikan berbahan dasar kiwi juga bisa mengeluarkan kotoran pada wajah.

3. Mengencangkan Kulit

Kiwi mengandung folat yang bermanfaat untuk pembentukan sel-sel baru dan mengencangkan kulit. Penelitian yang diterbitkan Journal of Cosmetic Dermatology, menemukan manfaat produk dari bahan dasar asam folat.

Peneliti menemukan jika asam folat bisa meningkatkan kepadatan dan metabolisme kolagen. Proses metabolisme ini bisa mengencangkan kulit. Jika Anda ingin produk yang bisa mengencangkan kulit, carilah krim tubuh mengandung kiwi.

4. Mengurangi Kerutan

Kerutan di wajah seringkali menjadi masalah untuk wanita. Jika Anda ingin mengurangi kerutan di wajah, cobalah rutin mengonsumsi buah kiwi dan stroberi. Kedua buah ini mengandung vitamin C tinggi yang bisa mengurangi tanda penuaan.

Konsumsi buah yang mengandung vitamin C bisa meningkatkan elastisitas kulit, menjaga kelembapan, dan mengandung antioksidan. Penelitian dilakukan dalam waktu 90 hari terhadap 60 peserta.

Penelitian tersebut dilakukan untuk melihat tanda-tanda penuaan kulit setelah mengonsumsi suplemen vitamin C. Para peneliti menyimpulkan jika terjadi peningkatan kesehatan kulit dan kerutan berkurang setelah 90 hari.

5. Menyembuhkan Luka

Vitamin C pada kiwi bisa memproduksi kolagen yang bermanfaat untuk sel dan organ dalam tubuh. Vitamin ini bisa meningkatkan tubuh untuk menyembuhkan luka di kulit.

Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2019, menemukan bahwa suplemen kolagen oral bisa meningkatkan elastisitas dan hidrasi kulit. Mengonsumsi suplemen berbeda dengan mengonsumsi vitamin C pada kiwi. Tetapi mengonsumsi buah akan lebih sehat dan membantu menjaga kesehatan kulit.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...