7 Aplikasi Kamus Bahasa Arab yang Mudah Digunakan

Image title
21 Desember 2021, 11:32
7 Aplikasi Kamus Bahasa Arab yang Mudah Digunakan
ANTARA FOTO/REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/File Photo/AWW/sa.
Dado Ruvic/Illustration//File Photo FOTO FILE: Siluet pengguna ponsel terlihat di ping proyeksi layar logo Apple dalam ilustrasi gambar yang diambil pada Rabu (28/3/2018).

Kamus bahasa Arab sangat diperlukan oleh mahasiswa atau seseorang yang sedang mempelajari bahasa tersebut. Meski saat ini sudah ada fitur translate di situs Google.com, namun tingkat akurasinya masih sangat kurang.

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa dengan jumlah penutur terbanyak di dunia. Berdasarkan databooks, bahasa ini menduduki urutan kelima setelah bahasa Spanyol, Hindi, Mandarin Tiongkok, dan Inggris. Tercatat, sekitar 274 juta orang memakai bahasa Arab untuk berkomunikasi sehari-hari.

Sementara itu jumlah penutur bahasa Inggris saat ini masih paling banyak di dunia. Secara keseluruhan, hampir sebanyak 1,35 miliar orang menggunakannya. Ini memang sangat wajar, mengingat bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang umum dipakai di berbagai belahan dunia.

Bahasa Arab tidak hanya berkembang di Timur Tengah atau wilayah sekitarnya saja. Bahasa ini punya peranan strategis karena sudah tersebar ke beberapa negara, tak terkecuali di Indonesia.  Sejak zaman dahulu, masyarakat nusantara sudah berkomunikasi dengan orang-orang dari Arab. Hal ini kemudian memicu interaksi dan terjadinya akulturasi budaya. Misalnya seperti huruf jawa pegon, yang terpengaruh dari bahasa Arab.

Semakin pesatnya perkembangan teknologi, telah membantu seseorang yang ingin mempelajari bahasa asing menjadi lebih mudah. Ini pun berlaku pada bahasa Arab. Saat ini banyak aplikasi kamus bahasa Arab yang sudah tersedia di platform Google Play Store, yang memiliki beragam fitur untuk menerjemahkan kata-kata ke bahasa tersebut.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa aplikasi kamus bahasa Arab yang bisa Anda pasang di ponsel pintar. Selengkapnya, simak penjelasan di bawah ini.

Rekomendasi Aplikasi Kamus Bahasa Arab yang Mudah Digunakan

Bahasa adalah sarana komunikasi yang dipakai oleh manusia. Sebagai makhluk sosial, setiap individu memerlukan bahasa agar bisa saling mengerti satu sama lain.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbiter. Digunakan untuk sarana berinteraksi, berkomunikasi, dan mengidentifikasi diri. Bahasa juga dapat diartikan sebagai sistem kata yang memungkinkan suatu kelompok masyarakat menjalin komunikasi.

Sementara itu, bahasa Arab adalah bahasa yang umum digunakan masyarakat Timur Tengah dan sekitarnya. Di dalamnya terdapat beberapa unsur seperti kata, kalimat, klausa yang bisa diucapkan dengan pelafalan tertentu.

Kamus bahasa Arab menjadi alat penting dan wajib dimiliki oleh seseorang atau mahasiswa yang menekuni studi soal bahasa tersebut. Kamus bahasa Arab menyimpan ribuan kosa kata dan fungsi kata itu pada penerapan  di kehidupan sehari-hari.

Jika Anda tertarik mempelajari bahasa Arab, simak deretan aplikasi kamus bahasa Arab berikut ini:

1. Kamus Arab Indonesia

Di posisi pertama aplikasi kamus bahasa Arab adalah Kamus Arab Indonesia yang dikembangkan oleh Ristek Muslim. Aplikasi tersebut memiliki fitur canggih yang bisa membantu Anda dalam menerjemahkan kata ke bahasa Arab atau sebaliknya.

Aplikasi Kamus Arab Indonesia sudah diluncurkan sejak tahun 2012 silam. Dengan ukuran yang relatif kecil dan bisa digunakan di hampir seluruh perangkat seperti komputer, laptop, hingga ponsel pintar.

Kamus bahasa Arab ini bisa dipakai tanpa memerlukan koneksi internet. Artinya, Anda bisa menerjemahkan dan mencari kosa kata secara offline.

Selain itu, aplikasi Kamus Arab Indonesia ini punya database 154.644 kosa kata dan mu'jamul Arab (kamus Arab - Arab) sekitar 29.803 mufrodat. Anda bisa memasang aplikasi ini di ponsel pintar serta memakai semua fiturnya untuk mempermudah proses belajar bahasa Arab.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...