Kandungan Gizi dan Ragam Manfaat Madu untuk Ibu Hamil

Image title
2 Maret 2022, 09:39
Kandungan Gizi dan Ragam Manfaat Madu untuk Ibu Hamil
pixabay.com
Madu salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi komedo di wajah

Madu adalah bahan alami yang mempunyai segudang khasiat bagi kesehatan tubuh, tak terkecuali ibu hamil. Manfaat madu untuk ibu hamil salah satunya dapat membantu meredakan mual dan muntah saat hamil (morning sickness).

Selain manfaat tersebut, masih ada beberapa manfaat madu untuk ibu hamil yang perlu diketahui. Namun, sebelum membahasnya lebih jauh, simak pembahasan terkait keamanan mengkonsumsi madu bagi ibu hamil serta kandungan gizi di dalam madu berikut ini.

Apakah  Ibu Hamil Boleh Mengkonsumsi Madu?

Madu merupakan salah satu bahan pangan yang berwujud cairan kental dan umumnya mempunyai rasa manis. Melansir dari Mayoclinic, madu adalah cairan manis yang dibuat oleh lebah madu menggunakan nektar tanaman berbunga. Ada sekitar 320 jenis madu yang berbeda serta sangat bervariasi dalam warna, bau dan rasa.

Sejak zaman dahulu madu sudah banyak dimanfaatkan oleh manusia, baik dikonsumsi langsung atau digunakan untuk berbagai keperluan. Di bidang kesehatan, madu dianggap bisa menjadi agen antibakteri dalam perawatan ulserasi, luka, dan infeksi lain akibat luka bakar maupun luka lainnya.

Pada umumnya, madu aman dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak di atas usia 1 tahun. Akan tetapi, ada sebagian orang yang sensitif terhadap efek sampingnya setelah minum madu.

Khusus untuk ibu hamil, mengkonsumsi madu sebenarnya masih dikategorikan aman. Menurut Mom Junction, madu yang bisa diminum oleh ibu hamil adalah madu yang sudah melalui proses pasteurisasi dan mendapatkan sertifikat atau anjuran aman dari otoritas terkait.

Madu terutama madu mentah dikhawatirkan dapat menyebabkan botulisme, suatu kondisi keracunan serius  yang disebabkan oleh racun dari bakteri Clostridium botulinum. Melansir dari situs Hellosehat.com, bakteri tersebut sangat berbahaya untuk bayi dengan usia di bawah satu tahun  karena sistem pencernaannya belum begitu baik. Meski demikian, efek samping ini masih bisa diatasi asalkan madu tersebut sudah diolah terlebih dahulu.

Dari penjelasan di atas, singkatnya madu masih aman dikonsumsi oleh ibu hamil asalkan sudah melalui proses yang membunuh bakteri dan sejenisnya.

Selain itu berdasarkan jurnal penelitian yang dipublikasikan di National Center for Biotechnology Information, U.S. National Library of Medicine, menunjukan bahwa risiko penularan penyakit botulisme pada janin sangat kecil terjadi. Sebab, bakteri itu terlalu kecil dan sulit untuk masuk ke dalam plasenta. Dengan kata lain, manfaat madu untuk ibu hamil masih bisa diperoleh.

Kandungan Gizi Madu

Madu memiliki sejumlah khasiat yang baik bagi kesehatan, termasuk salah satunya yaitu manfaat madu untuk ibu hamil. Ragam manfaat ini berasal dari kandungan nutrisinya. Madu, terutama varietas yang berwarna gelap, mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan dengan memerangi molekul dalam tubuh yang merusak sel-sel sehat.

Mengutip dari Healthline, madu pada dasarnya adalah gula murni tanpa lemak dan hanya mengandung sedikit protein dan serat. Meski begitu, Madu berkualitas tinggi yang diproses secara minimal, tidak dipanaskan, dan segar  mengandung banyak senyawa tanaman bioaktif penting dan antioksidan , seperti flavonoid serta asam fenolik.

Lebih lanjut, berikut kandungan yang ada di dalam satu sendok makan madu:

Kalori: 61.

Karbohidrat: 17 gram.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Safrezi

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...