Cara Membuat Google Classroom untuk Guru di Laptop dan HP

Dwi Latifatul Fajri
9 Maret 2022, 15:05
Cara Membuat Google Classroom
Pexels.com
Cara Membuat Google Classroom untuk Guru

Cara membuat kelas di Google Classroom bisa dilakukan di ponsel dan komputer. Fitur membuat kelas berfungsi membuat tugas dan unggahan pengumuman untuk siswa.

Google classroom adalah aplikasi yang dibuat Google untuk memudahkan pembelajaran. Aplikasi ini membantu guru dan siswa untuk belajar secara online.

Google menyediakan akun khusus untuk Google Workspace for Education. Akun khusus sekolah ini didapatkan dari sekolah.

Bagian administrator biasanya membuat dan mengelola akun. Contoh akun khusus edukasi ini yaitu domain alamat email yang menggunakan edu di belakang, seperti anda@sekolahanda.edu.

Perbedaan Google Suite for Education dengan G Suite biasa yaitu bagian penggunaan. Google suite umumnya digunakan untuk organisasi dan perusahaan.

Ada juga google pribadi yang digunakan untuk keperluan pribadi, contohnya klub atau homeschooling. Berikut cara membuat kelas untuk Google Classroom.

Cara Membuat Google Classroom untuk Guru

Fitur google classroom untuk guru memudahkan komunikasi secara virtual dengan siswa. Aplikasi ini membantu cara kerja dan komunikasi dengan siswa. Berikut cara membuat Google Classroom untuk guru:

1. Daftar atau Sign Up

Sebelum membuat kelas, guru melakukan pendaftaran atau sign up memakai gmail (google mail). Guru juga disarankan memakai akun Google Suite untuk memudahkan kontak dengan siswa.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...