4 Macam Gaya Renang dan Teknik Gerakannya

Dwi Latifatul Fajri
16 Maret 2022, 18:17
Ilustrasi, aktivitas olah raga renang. Berenang menjadi salah satu aktivitas yang menyehatkan tubuh. Terdapat beberapa macam gaya renang yang bisa digunakan saat menjalani aktivitas ini.
pixabay.com/12019 / 10257
Ilustrasi, aktivitas olah raga renang. Berenang menjadi salah satu aktivitas yang menyehatkan tubuh. Terdapat beberapa macam gaya renang yang bisa digunakan saat menjalani aktivitas ini.

Berenang termasuk jenis olahraga yang menyehatkan badan. Olahraga air ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh seperti membakar kalori, menyehatkan badan, dan meningkatkan kerja otot. Manfaat berenang lainnya yaitu mencegah resiko cedera rendah.

Berenang termasuk aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan segala usia. Jika anda belum bisa berenang, cobalah untuk latihan rutin dengan gaya sederhana. Ada berbagai gaya dasar renang terdiri dari gaya bebas, gaya dada, gaya punggung, dan kupu-kupu.

Macam-macam gaya renang bisa disusun berdasarkan tingkat kesulitan. Jadi, pemula sebaiknya mencoba gaya bebas terlebih dahulu untuk belajar berenang.

Macam-Macam Gaya Renang

1. Gaya Renang Bebas

Gaya renang bebas (freestyle) adalah gaya renang sederhana yang mudah dipelajari. Perenang pemula bisa meluncurkan badan secara cepat dalam air. Gaya meluncur ini bisa lebih cepat tanpa perlu khawatir.

Meski namanya renang gaya bebas, tetapi ada beberapa rangkaian gerakan yang perlu diperhatikan. Mengutip dari hellosehat.com, berikut gerakan dasar untuk gaya renang bebas:

  • Bagian perut dan wajah menghadap ke air dan mengapung. Setelah itu regangkan tubuh sebisa mungkin. Pandangan mata dan postur tubuh tetap lurus ketika berenang.
  • Sedangkan Bagian kaki diusahakan tetap lurus, kemudian gerakkan kaki ke atas dan ke bawah secara bergantian. Usahakan tendangan kaki cepat dan konstan.
  • Sementara itu Bagian lengan lurus ke depan dan gerakan seperti mendayung. Usahakan Bagian lengan tetap lurus dan mendayung secara bergantian.
  • Usahakan lengan kaki berada di bawah tubuh sampai bawah, lalu gerakkan keluar lengan dari air sampai kembali ke dalam air di depan kepala.
  • Gerakan lengan keluar air dan mendayung ini dilakukan secara terus-menerus. Usahakan lengan terdorong ke depan.
  • Kemudian putar kepala untuk menarik napas. Caranya putar ke arah samping sementara Bagian sisi lengan terangkat ke atas. Usahakan juga salah satu telinga memutar ketika terendam air. Kepala yang keluar dari air ini untuk bernapas ketika berenang.

2. Gaya Renang Dada

Gaya renang kedua adalah gaya dada menggunakan gerakan seperti katak ketika berenang. Renang gaya ada disebut juga gaya katak karena gerakannya mirip. Selain itu teknik berenang ini menggunakan dorongan tangan dan kaki ke depan.

Ketika di dalam air, gaya dada membutuhkan dorongan dari bawah ketika kepala melakukan pernapasan. Perenang pemula perlu latihan lanjutan untuk gerakan renang dada. Gaya renang ini cenderung santai dan tidak menghabiskan energi.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...