11 Manfaat Renang untuk Kesehatan dan Tips Berenang dengan Aman

Siti Nur Aeni
2 November 2021, 19:24
11 Manfaat Renang untuk Kesehatan dan Tips Berenang dengan Aman
ANTARA FOTO/REUTERS/Stefan Wermuth/AWW/sa.
Zach Harting dari Amerika Serikat beraksi selama Olimpiade Tokyo 2020 di Semifinal 1 Renang Kupu-kupu 200m Putra di Tokyo Aquatics Centre, Tokyo, Jepang, Selasa (27/7/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Stefan Wermuth/AWW/sa.

Olahraga renang menjadi cabang olahraga yang banyak digemari. Berdasarkan data yang ada di databoks, diketahui bahwa renang dan olahraga air menjadi olahraga favorit nomor tiga di Olimpiade Tokyo 2020. Selain menyenangkan, manfaat renang juga sangat beragam. Hal tersebut mejadikan olahraga ini banyak digemari.

Manfaat Renang untuk Kesehatan

Sama halnya dengan jenis olahraga lain, berenang juga memberikan efek baik bagi kesehatan. Mengutip dari alodokter.com dan gooddoctor.co.id, berikut ini beberapa manfaat renang untuk kesehatan.

1. Memelihara kesehatan jantung

Manfaat berenang yang pertama yaitu baik untuk memelihara kesehatan jantung. Sebuah penelitian menunjukan bahwa olahraga ini dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Selain itu, berenang juga bisa meningkatkan kemampuan tubuh menggunakan oksigen.

Olahraga air ini juga dipercaga bisa memelihara fungsi organ dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Menambah kapasitas paru-paru

Berenang juga memberikan manfaat bagi pengidap asam. Penelitian yang dilakukan di B.J. Medical College, India menyebutkan bahwa renang bisa menambah kapasitas paru-paru dan mengontrol pernapasan.

Meskipun bermanfaat, namun air dengan kandungan klorin dapat meningkatkan risiko asma. Sehingga, bagi pengidap asma sangat disarankan untuk berenang di kolam yang tidak mengandung klorin.

3. Meningkatkan massa otot

Selain manfaat renang bagi jantung dan paru-paru, olahraga ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kelenturan dan massa otot tubuh. Hal tersebut dikarenakan saat berenang tubuh akan bergerak melawan tekanan air.

Selain itu, renang juga dipercaya bisa mengecilkan ukiran betis dan membuatnya terlihat lebih kencang. Aktivitas olahraga air ini juga dapat membuat otot dada lebih kuat dan terbentuk.

4. Menurunkan berat badan

Memiliki berat badan ideal mungkin menjadi impian banyak orang. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh berat ideal. Misalnya dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan rutin olahraga.

Salah satu jenis olahraga yang diketahui bermanfaat untuk menurunkan berat badan yaitu renang. Olahraga ini diketahui dapat membakar 500 - 650 kalori dalam satu jam.

5. Menghilangkan stres

Stres adalah sebuah kondisi yang banyak dialami orang. Kondisi ini bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres, salah satunya dengan melakukan aktivitas fisik seperti berenang.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa manfaat renang bisa melemaskan otot tubuh dan membuat badan lebih rileks. Dengan demikian stres bisa berkurang.

6. Memperbaiki suasana hati

Penelitian yang ada di Australasian Journal on Ageing 33(2) menyebutkan bahwa berenang bisa meningkatkan suasana hati penderita demensia. Tak hanya bagi penderita demensia saja, namun manfaat berenang yang satu ini juga bisa dirasakan oleh semua orang.

7. Menambah kualitas tidur

Tidur yang berkualitas juga menjadi hal penting agar tubuh tetap sehat dan bugar. Sayangnya masih banyak orang yang mengalami gangguan tidur seperti insomnia. Untuk mengatasi hal tersebut olahraga renang bisa menjadi pilihannya.

Penelitian yang pernah dilakukan terhadap penderita insomnia menunjukan bahwa berenang bisa menambah kualitas tidur mereka. Maka dari itu, apabila Anda mengalami masalah tidur, tak ada salahnya mencoba olahraga air ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...