9 Cara Memerahkan Bibir secara Alami

Image title
19 April 2022, 12:27
cara memerahkan bibir secara alami
unspalsh.com
Ilustrasi, sembilan cara memerahkan bibir secara alami yang bisa meningkatkan performa dan penampilan yang indah.

Salah satu anggota tubuh yang menjadi perhatian saat berkomunikasi dengan orang lain adalah bibir. Warna bibir bisa menunjukkan kondisi kesehatan, atau kebiasaan yang dimiliki. Umumnya, bibir yang sehat memiliki warna kemerahan.

Warna merah muncul karena bibir merupakan bagian kulit yang memiliki banyak pembuluh darah dibandingkan area kulit lainnya. Adanya pembuluh darah inilah yang membuat bibir memiliki warna merah merona.

Karena bibir sehat dan merah merona merupakan dambaan banyak orang. Untuk mendapatkannya, ada sejumlah cara memerahkan bibir secara alami yang mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Berikut cara alami bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut ini yang dilansir Alodokter.com:

1. Lakukan Eksfoliasi Bibir
Membuang kulit bibir yang terkelupas bisa dilakukan untuk memerahkan bibir secara alami. Caranya, oleskan sedikit gula atau setetes madu pada bibir, kemudian gosok secara perlahan. Setelah itu, keringkan bibir dengan handuk atau lap bersih dan oleskan pelembap bibir.

Selain memerahkan bibir secara alami, membuang kulit bibir yang mengelupas juga akan memberikan tampilan bibir yang lembut dan merona. Namun, jangan lakukan eksfoliasi lebih dari dua kali dalam seminggu agar terhindar dari iritasi pada bibir.

2. Menggunakan Lip Balm Minyak Peppermint
Tahukah Anda bahwa beberapa produsen kosmetik memanfaatkan minyak peppermint untuk menghasilkan tampilan merah muda alami?

Mengutip dari penelitian yang dimuat dalam Microvascular Research, kandungan mentol pada peppermint dapat memerahkan bibir sementara.

Hal ini dikarenakan mentol merupakan senyawa yang dapat melebarkan pembuluh darah ketika dioleskan. Walaupun begitu, pemilik bibir pecah-pecah tidak dianjurkan menggunakan lip balm dengan peppermint karena dapat memicu iritasi.

3. Hentikan Kebiasaan Merokok
Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kebiasaan merokok bisa berdampak buruk bagi kesehatan kulit, termasuk bibir. Merokok juga dapat menyebabkan bibir hitam, sebab produksi zat melanin atau pewarna kulit pada bibir menjadi lebih tinggi.

Oleh karena itu, hentikan kebiasaan merokok mulai dari sekarang juga untuk mendapatkan kulit bibir merah merona dan tentunya tubuh yang sehat.

4. Penuhi Asupan Air Putih
Cara lain untuk memiliki bibir merah merona dan sehat adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Untuk memenuhi asupan cairan tubuh, Anda bisa minum air putih setidaknya 2 liter atau setidaknya 8 gelas setiap harinya. Dengan demikian, bibir tidak kering dan terlihat warna merah alaminya.

5. Lindungi Dari Paparan Sinar Matahari
Perubahan warna pada bibir juga bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari. Untuk menghindarinya, Anda bisa menggunakan pelembap bibir dengan kandungan SPF 15 di dalamnya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...