Mengenal Gerak Dasar Senam Irama Beserta Karakteristiknya

Image title
6 Juni 2022, 22:11
gerak dasar senam irama
Pixabay
Ilustrasi manfaat senam irama yang bermanfaat bagi kesehatan badan dan mental

Memahami beberapa gerak dasar senam irama tentunya akan memudahkan setiap orang untuk mempelajarinya. Senam irama sendiri merupakan salah satu cabang olahraga yang dulunya disebut sebagai modern gimnastik.

Sebagian besar orang masih ada yang menganggap kalau senam irama itu sama seperti senam aerobik. Akan tetapi, jika dilihat lebih jauh lagi gerakan dasar senam irama cukup berbeda dengan senam tersebut.

Selain gerakan dasarnya, senam ini juga sering dilakukan berbarengan dengan irama musik. Perpaduan tersebut nantinya akan menciptakan gerak tubuh yang selaras dengan irama musik tersebut.

 Penasaran dengan gerak dasar senam irama dan karakteristiknya? Simak pembahasannya berikut ini.

Apa Itu Senam Irama?

Sesuai dengan namanya, senam irama adalah jenis gerakan senam yang mengikuti iringan musik tertentu sehingga menciptakan gerak senam yang indah dan selaras dengan musik pengiringnya. Senam ini juga sering disebut sebagai senam ritmik.

Senam irama termasuk salah satu jenis cabang olahraga yang diperlombakan dalam Olimpiade. Senam tersebut masuk pada kategori senam artistik.

Dalam buku berjudul Pendidikan Jasmani & Kesehatan, dijelaskan bahwa senam irama mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Setidaknya, ada tiga orang yang menjadi penggagas adanya senam tersebut.

Pertama pada periode 1811 – 1871, seorang sutradara seni sandiwara bernama Delsarte mengembangkan sebuah gerakan sandiwara yang dibuat-buat dengan gerak tertentu. Gerak tersebut nantinya bakal berkembang menjadi unsur pembentuk senam irama.

Lalu, ada juga senam irama yang digagas oleh Jaques-Dalcroze, seorang guru musik yang ingin menyatakan lagu-lagu dalam bentuk gerakan. Dia menekankan kalau musik memiliki peran lebih besar daripada gerakan. Murid Dalcroze, Bode, berpendapat bahwa gerakan itu harus digerakkan dari dalam ke feri-feri. Maka senamnya terkenal dengan nama Ausdruck Gymnastiek, artinya senam yang dijalankan dengan penuh perasaan.

Pada tahun 1879-1958, senam irama yang terinspirasi dari seni tari mulai dipelopori oleh Rudolf Laban. Senam tersebut mengadopsi beberapa unsur dari tari balet yang mengutamakan keindahan dan keserasian gerakan.

Seiring berjalannya waktu senam irama mulai berkembang dan mengalami beberapa perubahan. Meski demikian, unsur utama dari senam irama meliputi keluwesan, kesinambungan gerakan, dan ketepatan irama. 

Secara umum senam irama bisa dilakukan menggunakan alat dan tanpa alat. Alat tersebut misalnya seperti tongkat, bola, pita, dan sebagainya. Sedangkan untuk rangkaian senamnya bisa dilakukan dengan cara berjalan, berlari, melompat, loncat, serta ayunan, dan putaran tangan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...