7 Cara Latihan Loncat Indah dalam Olahraga Renang

Image title
14 Juni 2022, 15:45
Cara latihan loncat indah dalam olahraga renang, educate me, olahraga, renang, loncat indah
Pexels.com/Vidal Balielo Jr.
Seorang pria meloncat ke kolam renang.

Dalam olahraga renang, dikenal pula jenis olahraga lainnya, yakni loncat indah. Jenis olahraga yang kerap disebut diving ini mengkombinasikan gerakan loncatan dan akrobatik indah di udara.

Loncat indah diawali dengan gerakan memantulkan badan ke papan loncat yang selanjutnya atlet akan masuk ke dalam air. Ketika tubuh berada di udara, tubuh harus membuat gerakan akrobatik indah sebelum masuk ke air.

Olahraga yang dilombakan dalam pertandingan-pertandingan dan olimpiade-olimpiade ini mendasarkan penilaian pada keindahan, tingkat kesulitan, dan kesesuaian gerakan.

Latihan Loncat Indah

Mengutip buku Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan oleh Limart Darwin, cara latihan loncat indah dalam olahraga renang dapat dibagi menjadi tujuh, yakni:

1. Terjun (Berjongkok)

Latihan terjun dilakukan dari tepi kolam tempat yang dangkal, kira-kira 1 ½ meter (m). Kedua telapak kaki agak direnggangkan sedikit. Badan ditundukkan, kedua lengan diluruskan ke muka bawah mengarah menuju jarak dua meter dari tepi kolam.

Selanjutnya, kepala tunduk di antara kedua lengan dan melihat ke bagian perut. Keseimbangan harus tetap dijaga sehingga titik berat badan sudah di muka.

2. Terjun (Berdiri Berlutut Satu Kaki)

Untuk melakukan latihan ini, badan, lengan dan kepala sama dengan sikap berjongkok. Bokong sudah harus diangkat, agar titik berat badan terletak di muka. Cara terjunnya sama dengan sikap berjongkok.

3. Terjun (Berdiri dengan Sikap Badan, Lengan, dan Kepala Sejajar)

Sikap permulaan dengan berdiri pada kedua kaki, kedua telapak kaki agak berjarak, ibu jari kaki melewati tepi kolam. Lutut agak ditekuk supaya memiliki kekuatan untuk meluruskan kaki (bertolak). Sikap badan, lengan, dan kepala sama seperti terjun berlutut, begitupun cara melakukannya.

4. Terjun (Sikap Start)

Sikap ini diawali dengan meletakan kaki seperti sikap terjun berdiri, kedua tangan diluruskan ke belakang, badan dan kepala agak diangkat. Terjun dilakukan dengan kedua lengan diayunkan dari belakang melalui bawah muka.

Selanjutnya, kepala ditundukan sehingga ada di antara kedua lengan, dan melihat ke arah lutut. Kedua kaki diluruskan. Semua gerakan ini dilakukan kira-kira pada waktu yang bersamaan. Semua macam terjun tersebut dapat juga dilakukan dari papan loncatan satu meter, dua meter, dan tiga meter.

5. Loncat Berbaring

Untuk melakukan gerakan loncat berbaring, sikap yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Dengan sikap berbaring telentang, kepala melewati ujung papan loncat.
  • Ujung papan dipegang sedemikian rupa, sehingga kedua ibu jari tangan terletak di atas papan di samping telinga.
  • Kedua kaki diayunkan lurus dengan kuat melewati kepala.
  • Dengan putaran pada sumbu di tengkuk, dan masuk ke dalam air dengan kaki terlebih dahulu.
  • Lengan lurus rapat di samping badan atau di atas kepala.

6. Loncat Paku

Perenang melakukan loncat paku dengan cara sebagai berikut:

  • Loncatan dengan sikap badan lurus dan jatuh dalam air dengan kaki terlebih dahulu.
  • Lengan rapat di samping, dan kaki harus betul-betul lurus masuk ke dalam air.
  • Ujung kaki menghadap ke bawah.
  • Pandangan harus lurus ke muka.

Loncatan paku bisa dilakukan dengan memulai dari tepi kolam yang agak dangkal dengan tolakan kedua kaki bersama-sama, kemudian di papan 1-3 m.

7. Loncatan dengan Menjatuhkan Diri

Loncat dengan menjatuhkan diri dilakukan dengan cara berikut:

  • Berdiri dengan ujung kaki pada ujung papan loncat dan menghadap ke depan.
  • Tangan lurus di atas kepala, kedua ujung jari saling berpegangan dan seluruh badan harus tegak dan lurus.
  • Tanpa tolakan kaki, badan direbahkan dengan tegak ke muka.

Teknik Renang Gaya Bebas

Loncatan indah erat kaitannya dengan olahraga renang. Untuk itu, sebelum mulai latihan loncat indah, sebaiknya sempurnakan terlebih dahulu teknik berenang. Salah satu teknik renang yang umum dan mudah untuk dipelajari adalah renang gaya bebas. Berikut cara melakukan renang gaya bebas:

  • Bagian perut dan wajah menghadap ke air dan mengapung. Setelah itu regangkan tubuh sebisa mungkin. Pandangan mata dan postur tubuh tetap lurus ketika berenang.
  • Sedangkan bagian kaki diusahakan tetap lurus, kemudian gerakkan kaki ke atas dan ke bawah secara bergantian. Usahakan tendangan kaki cepat dan konstan.
  • Sementara itu, bagian lengan lurus ke depan dan gerakan seperti mendayung. Usahakan bagian lengan tetap lurus dan mendayung secara bergantian.
  • Usahakan lengan kaki berada di bawah tubuh sampai bawah, lalu gerakkan keluar lengan dari air sampai kembali ke dalam air di depan kepala.
  • Gerakan lengan keluar air dan mendayung ini dilakukan secara terus-menerus. Usahakan lengan terdorong ke depan.
  • Kemudian putar kepala untuk menarik napas. Caranya putar ke arah samping sementara Bagian sisi lengan terangkat ke atas. Usahakan juga salah satu telinga memutar ketika terendam air. Kepala yang keluar dari air ini untuk bernapas ketika berenang.

Editor: Intan

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...