4 Macam Gaya Renang dan Teknik Gerakannya

Gaya renang terdiri dari gaya bebas, gaya dada, gaya renang kupu kupu, dan gaya renang punggung. Berikut penjelasan masing-masing gayadan gerakan tubuh ketika berenang.
Dwi Latifatul Fajri
16 Maret 2022, 18:17
Ilustrasi, aktivitas olah raga renang. Berenang menjadi salah satu aktivitas yang menyehatkan tubuh. Terdapat beberapa macam gaya renang yang bisa digunakan saat menjalani aktivitas ini.
pixabay.com/12019 / 10257
Ilustrasi, aktivitas olah raga renang. Berenang menjadi salah satu aktivitas yang menyehatkan tubuh. Terdapat beberapa macam gaya renang yang bisa digunakan saat menjalani aktivitas ini.

Berenang termasuk jenis olahraga yang menyehatkan badan. Olahraga air ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh seperti membakar kalori, menyehatkan badan, dan meningkatkan kerja otot. Manfaat berenang lainnya yaitu mencegah resiko cedera rendah.

Berenang termasuk aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan segala usia. Jika anda belum bisa berenang, cobalah untuk latihan rutin dengan gaya sederhana. Ada berbagai gaya dasar renang terdiri dari gaya bebas, gaya dada, gaya punggung, dan kupu-kupu.

Macam-macam gaya renang bisa disusun berdasarkan tingkat kesulitan. Jadi, pemula sebaiknya mencoba gaya bebas terlebih dahulu untuk belajar berenang.

Macam-Macam Gaya Renang

1. Gaya Renang Bebas

Gaya renang bebas (freestyle) adalah gaya renang sederhana yang mudah dipelajari. Perenang pemula bisa meluncurkan badan secara cepat dalam air. Gaya meluncur ini bisa lebih cepat tanpa perlu khawatir.

Advertisement

Meski namanya renang gaya bebas, tetapi ada beberapa rangkaian gerakan yang perlu diperhatikan. Mengutip dari hellosehat.com, berikut gerakan dasar untuk gaya renang bebas:

  • Bagian perut dan wajah menghadap ke air dan mengapung. Setelah itu regangkan tubuh sebisa mungkin. Pandangan mata dan postur tubuh tetap lurus ketika berenang.
  • Sedangkan Bagian kaki diusahakan tetap lurus, kemudian gerakkan kaki ke atas dan ke bawah secara bergantian. Usahakan tendangan kaki cepat dan konstan.
  • Sementara itu Bagian lengan lurus ke depan dan gerakan seperti mendayung. Usahakan Bagian lengan tetap lurus dan mendayung secara bergantian.
  • Usahakan lengan kaki berada di bawah tubuh sampai bawah, lalu gerakkan keluar lengan dari air sampai kembali ke dalam air di depan kepala.
  • Gerakan lengan keluar air dan mendayung ini dilakukan secara terus-menerus. Usahakan lengan terdorong ke depan.
  • Kemudian putar kepala untuk menarik napas. Caranya putar ke arah samping sementara Bagian sisi lengan terangkat ke atas. Usahakan juga salah satu telinga memutar ketika terendam air. Kepala yang keluar dari air ini untuk bernapas ketika berenang.

2. Gaya Renang Dada

Gaya renang kedua adalah gaya dada menggunakan gerakan seperti katak ketika berenang. Renang gaya ada disebut juga gaya katak karena gerakannya mirip. Selain itu teknik berenang ini menggunakan dorongan tangan dan kaki ke depan.

Ketika di dalam air, gaya dada membutuhkan dorongan dari bawah ketika kepala melakukan pernapasan. Perenang pemula perlu latihan lanjutan untuk gerakan renang dada. Gaya renang ini cenderung santai dan tidak menghabiskan energi.

Cara berenang gaya dada yaitu:

  • Ketika di dalam air usahakan Bagian perut dan wajah menghadap ke air. Kemudian luruskan kaki dan regangkan jari-jari kaki.
  • Lutut ditekuk perlahan dari arah bawah kemudian menendang keluar. Seperti gerakan katak, lutut yang ditekuk ini kemudian melingkar setengah lingkaran ke arah luar supaya tubuh tetap maju.
  • Bagian lengan dan bawah dada kemudian diluruskan, lalu kembali ke lengan depan. Gerakan ini seakan membelah air.
  • Sementara itu bagian kepala diangkat ke atas ketika kedua tangan mulai menyatu. Kepala ke atas ini untuk menarik pernapasan.

3. Gaya Renang Kupu Kupu

Gaya renang kupu-kupu membutuhkan kekuatan lengan. Gaya renang ini merupakan pengembangan gaya dada. Pusat gerakan berada di Bagian lengan seperti gerakan lumba-lumba. Sementara itu Bagian kaki lurus dirapatkan dan bergerak sesuai gerakan badan.

Tetapi renang gaya kupu-kupu membutuhkan gerakan lebih cepat dari gaya bebas. Berikut cara melakukan gaya renang kupu-kupu:

  • Bagian perut dan wajah berada segaris dan menghadap air.
  • Bagian kepala sampai ujung kaki usahakan tetap berdekatan. Alu gerakkan tubuh dari kepala sampai ujung kaki seperti lumba-lumba yang berenang di bawah air
  • Bagian tangan masuk ke dalam air secara bersamaan, sementara posisi lengan sejajar dengan bahu
  • Sementara itu bahu dan pinggul melakukan dorongan. Tarik lengan ke Bagian atas permukaan air kemudian mulai bergerak lagi.
  • Ketika menarik napas, usahakan dagu berada di permukaan air ketika gerakan mendorong. Wajah ke atas ini untuk pernapasan.

4. Gaya Punggung

Mengutip dari buku Penjasorkes SMA kls 12, gaya punggung dikenal sejak 1912. Dalam kompetisi olahraga, salah satu gaya renang yang diperlombakan adalah gaya punggung.

Gaya ini kerap disebut sebagai salah satu gaya renang yang paling sulit dipelajari. Namun, apabila sudah berhasil dikuasai, gaya punggung justru akan menjadi yang cukup enak dilakukan karena memungkinkan perenang mengambil napas lebih leluasa. Berikut teknik melakukan gaya punggung.

  • Gaya punggung ini menggunakan gerakan kedua lengan ke atas lalu gerakkan kaki katak atau seperti gunting.
  • Prinsip gaya renang punggung yaitu posisi badan, gerakan kaki, gerakan lengan, pengambilan napas, dan gerakan keseluruhan.
  • Renang gaya punggung merupakan gerakan dengan posisi tubuh telentang di atas air.
  • Telinga berada di air sedangkan wajah menghadap ke atas (udara). Setelah itu tubuh direnggangkan kemudian gerakan lengan dan kaki searah.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait