7 Manfaat Berpikir Positif dan Cara Membangunnya

Image title
30 Juni 2022, 10:43
manfaat berpikir positif
Unsplash/Lidya Nada
Ilustrasi, berpikir positif.

Berpikir positif sering dimulai dengan berbicara pada diri sendiri. Apabila pikiran yang berjalan di kepala Anda kebanyakan negatif, maka pandangan hidup Anda kemungkinan pesimis. Pikiran negatif tentu sangat berbahaya dan mempengaruhi daya kegiatan dalam pekerjaan.

Manfaat berpikir positif akhirnya perlu diketahui oleh setiap orang. Perlu dipelajari baik caranya atau manfaatnya. Berikut sejumlah manfaat berpikir positif yang dilansir dari Hellosehat.com dan sejumlah sumber lainnya:

Advertisement

Manfaat Berpikir Positif

1. Menjadi Penyembuh Berbagai Penyakit

Manusia dengan pikiran positif akan pulih lebih cepat dari operasi, dan juga dapat mengatasi penyakit serius lebih baik, seperti kanker, penyakit jantung, dan AIDS, menurut Psych Central, sebuah jaringan sosial kesehatan mental yang dioperasikan oleh kesehatan mental profesional. Sebuah studi dari mahasiswa hukum tahun pertama menemukan bahwa orang-orang yang lebih optimis daripada mahasiswa lain, memiliki sel-sel kekebalan tubuh yang lebih baik.

2. Mengurangi Stres dan Mencegah Depresi

Dari aspek psikologis, sikap yang menunjukkan negatif dan cenderung pesimis bisa menyebabkan stres dan depresi. Sehingga untuk mengatasinya, kamu perlu mengubah sudut pandangmu dalam melihat segala sesuatu.

Selalu lihat kemungkinan sisi positif dan kebaikan dari perspektif yang berbeda. Jika kamu mulai terbiasa berpikir positif, kamu akan merasakan perubahan mood, emosi, dan pikiran yang lebih baik. Tekanan akibat stres dan depresi pun bisa jauh berkurang.

3. Memperkuat Imun Tubuh

Manfaat berpikir positif berikutnya untuk mencegah penyakit fisik dengan sering berpikir positif. Hal ini sesuai studi yang dilansir dari John Hopkins Medicine, bahwa pikiran negatif dapat menyebab imun tubuh melemah. Sebaliknya, jika ingin kekebalan tubuh aktif, sering-seringlah menjaga kesehatan pikiran dengan bersyukur dan mengisinya dengan hal-hal positif bagi jiwa.

4. Memperkuat Imunitas Tubuh dari Penyakit

Kesehatan mental yang selalu optimal tak lepas dari pikiran positif dalam keseharian. Penuhi pikiranmu dengan hal-hal menyenangkan dan kelilingi dirimu bersama orang-orang yang membuatmu merasa nyaman. Jauhi mereka yang toxic.

Dengan begitu, kamu akan merasakan manfaat seperti tubuh yang kuat, lebih cepat sembuh setelah sakit, masa pemulihan fisik yang relatif singkat, dan memiliki imunitas tubuh lebih baik dari penyakit berbahaya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement