Seni Adalah Bentuk Pemikiran Manusia, Ini Penjelasannya

Image title
24 Januari 2022, 13:42
Ilustrasi lukisan karya seni mozaik. Seni adalah sebagai bentuk penciptaan karya (creative process) menjadi tumpuan utama yang memberikan arah sasaran kemana sebuah karya seni nantinya akan dibawa.
Unsplash/Ashkan Forouzani
Ilustrasi lukisan karya seni mozaik

Seni menjadi salah satu pilar penting yang ikut mewarnai kehidupan. Secara sederhana, seni adalah curahan hati yang menjadi satu dalam wadah untuk mengembangkan bakat. Tak jarang, seni juga bisa menjadi identitas suatu daerah dan berguna bagi sebagian masyarakat.

Kehadiran dan tujuan seni adalah sebagai bentuk penciptaan karya (creative process) menjadi tumpuan utama yang memberikan arah ke mana sebuah karya seni nantinya akan dibawa. Didukung oleh 'niat' (rasa & karsa), maka tujuan dan fungsi karya seni menjadi ‘pengawal’ proses kreatif penciptaan karya seni sampai jadi, dan berfungsi optimal sesuai tujuan utama penciptaannya.

Adapun ide dan konsep dari seni adalah sebagai bentuk pemicu dan pemikiran manusia. Pembuatan karya seni hadir setelah dilakukan observasi secara mendalam tentang karya dan fungsinya, sehingga diperlukan upaya eksploratif berbekal pengetahuan, keterampilan, dan rasa estetis yang diujicobakan

Penjelasan Singkat Mengenai Seni

Dirangkum dari Dosenpendidikan.co.id, seni adalah proses pemikiran yang diproses manusia, dan merupakan sinonim dari ilmu. Hal yang cukup sulit dalam seni adalah bentuk penjelasan. Masing-masing individu artis memilih sendiri peraturan dan parameter yang menuntun kerjanya. Seni juga bisa dikatakan sebagai proses dan produk dari memilih medium.

Seni juga memiliki kaitan dengan budaya. Budaya memiliki asal kata dari bahasa Sansekerta, yakni buddayah, dengan bentuk jamaknya adalah budi dan daya. Budi, artinya akal, pikiran, nalar, sedangkan daya berarti usaha, upaya, dan ikhtiar.

Jadi kebudayaan adalah segala akal pikiran, sebagai berupaya atau berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Aneka Ragam Pengertian Seni Para Ahli

Berikut pengertian seni menurut para ahli:

1. Seni Menurut Immanuel Kant

Seni adalah sebuah impian bagi orang yang merasa rumus-rumus tidak bisa mengikhtiarkan kenyataan.

2. Seni Menurut Alexander Baum Garton

Seni adalah keindahan dengan tujuan positif untuk membuat penonton merasa bahagia.

3. Seni Menurut Aristoteles

Seni adalah bentuk pengungkapan dan penampilan yang tidak pernah menyimpang dari kenyataan, seperti seni meniru alam.

4. Seni Menurut Ki Hajar Dewantara

Seni adalah hasil dari keindahan yang dapat menggerakan perasaan indah orang yang melihatnya. Untuk itu, tindakan manusia dapat memengaruhi dan menyebabkan keindahan perasaan seni.

5. Seni Menurut Leo Tolstoy

Seni adalah ekspresi perasaan pencipta yang dikomunikasikan kepada orang lain, sehingga mereka dapat merasakan apa yang dirasakan pelukis.

6. Seni Menurut Plato dan Rousseau

Seni adalah hasil peniruan alam dalam segala aspeknya.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...