Memahami Jenis dan Cara Membatalkan Pesanan di Shopee
Shopee menyediakan tawaran untuk membatalkan pesanan kepada para penggunanya. Fitur ini biasa digunakan karena berbagai alasan, seperti kesalahan memasukan alamat pengiriman hingga tidak memerhatikan detail produk.
Namun, meski menyediakan fitur pembatalan pesanan, pengguna tidak bisa semata-mata membatalkan barang yang sudah mereka pesan. Terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang mesti diperhatikan.
Jenis dan Proses Pembatalan Pesanan
Mengutip laman seller.shopee.co.id, terdapat tiga jenis pembatalan pesanan yang dapat diajukan di Shopee, yaitu: pembatalan instan, pembatalan non-instan, dan pembatalan otomatis.
1. Pembatalan Instan
Jenis pembatalan ini adalah pembatalan yang dilakukan oleh pembeli sebelum penjual mengatur pengiriman tanpa menunggu respon penjual.
Pembeli dapat memilih "Batalkan Pesanan", dan sistem akan melakukan pembatalan secara otomatis tanpa perlu menunggu respon penjual, dengan catatan selama pembatalan dilakukan sebelum penjual mengatur pengiriman atau memasukan nomor resi.
Pembatalan instan dapat dilakukan oleh pembeli dalam waktu 1 jam setelah pembayaran terverifikasi, selama penjual belum mengatur pengiriman.
2. Pembatalan Non-Instan
Pembatalan jenis ini dilakukan pembeli dengan menunggu respon penjual terlebih dahulu. Pembeli dapat memilih "Batalkan Pesanan" dan menunggu respon penjual dalam waktu 1x24 jam. Apabila penjual tidak merespon, sistem akan melakukan pembatalan secara otomatis dalam waktu 1x24 jam berikutnya.
Pihak penjual berhak menolak pengajuan pembatalan pesanan pembeli dan melanjutkan proses pengiriman.
Pembatalan non-instan bisa dilakukan pembeli untuk semua jasa kirim setelah penjual mengatur pengiriman atau memasukan nomor resi, selama paket belum diterima oleh jasa kirim.
Pembatalan non-instan akan diberlakukan jika pembeli membatalkan pesanan lewat dari 1 jam setelah pembayaran terverifikasi walaupun penjual belum mengatur pengiriman.
3. Pembatalan Otomatis
Pesanan pembeli akan secara otomatis dibatalkan apabila:
- Penjual tidak mengatur pengiriman atau memasukan nomor resi dalam rentang waktu "Masa Pengemasan (Dikirim Dalam)" yang diperbolehkan.
- Penjual tidak masuk ke aplikasi Shopee selama 7 hari sejak pembeli membayar pesanan.
- Paket tidak diserahkan ke kurir sehingga resi pengiriman tidak terverifikasi dalam 2 hari sejak "Masa Pengemasan (Dikirim Dalam)" berakhir.
Cara Membatalkan Pesanan di Shopee
Pembeli dapat mengirimkan permintaan pembatalan pesanan dengan memilih "Batalkan Pesanan" di halaman "Rincian Pesanan". Selanjutnya, isi "Alasan Pembatalan" dan pilih "Konfirmasi".
Perlu diketahui, pembeli hanya dapat mengajukan satu kali permintaan pembatalan untuk setiap pesanan. Jika permintaan pembatalan pesanan ditolak oleh penjual, pembali tidak dapat mengajukan permintaan pembatalan lagi untuk pesanan yang sama.
Pembeli dapat memeriksa status permintaan pembatalan pesanan mereka dengan memilih "Rincian Pembatalan" melalui "Pembelian Saya". Jika pembeli tidak lagi ingin membatalkan pesanan, pilih "Batalkan Pengajuan Pembatalan" > "Konfirmasi".
Cara Isi ShopeePay
Untuk kelancaran transaksi di marketplace ini, pengguna perlu melakukan top up ShopeePay yang bisa dilakukan melalui minimarket terdekat atau aplikasi bank yang sudah menjadi mitra Shopee.
ShopeePay merupakan alat pembayaran yang diluncurkan oleh aplikasi Shopee. Semua transaksi di dalam aplikasi tersebut bisa dibayar menggunakan ShopeePay. Berikut beberapa cara isi ShopeePay:
1. Melalui Mitra Shopee
- Pertama Anda harus login ke aplikasi Shopee.
- Kemudian pilih menu “Saya”, lalu klik “ShopeePay”.
- Setelah itu klik “Bayar”.
- Selanjutnya Anda bakal diarahkan oleh mitra Shopee untuk melakukan scan kode QR.
- Untuk melakukannya Anda harus klik “Scan Kode QR Top Up”, kemudian klik “Konfirmasi”.
- Ikuti petunjuk selanjutnya sampai proses top up saldo ShopeePay selesai.
2. Melalui Alfamart dan Alfamidi
Sebagai gerai minimarket yang bekerja sama dengan Shopee, Anda kini dapat isi saldo ShopeePay di Alfamart dan Alfamidi terdekat. Cara isi ShopeePay dengan metode ini relatif mudah. Berikut tahapannya:
- Masuk ke akun di aplikasi Shopee.
- Jika sudah pilih menu “Saya”, kemudian klik “ShopeePay”.
- Untuk top up saldo pilih menu “Isi Saldo”.
- Selanjutnya Anda tinggal memilih “Metode Pembayaran”.
- Langkah berikutnya pilih opsi “Alfamart/Alfamidi”.
- Shopee akan menampilkan nomor telepon yang terdaftar pada akun.
- Jika sudah, datang ke Alfamart/Alfamidi terdekat.
- Minta kasir untuk melakukan top up saldo ShopeePay. Lalu sebutkan nominal saldo yang hendak diisi.
- Tunggu beberapa saat sampai proses isi saldo ShopeePay selesai.
3. Transfer Bank
Cara isi ShopeePay yang cukup mudah dan bisa Anda coba adalah menggunakan layanan transfer bank. Shopee telah bekerja sama dengan sejumlah bank agar penggunanya bisa top up saldo dengan mudah. Cara isi saldo ShopeePay via transfer bank yaitu:
- Langkah pertama Anda harus masuk ke aplikasi Shopee.
- Selanjutnya pilih menu “Saya” dan klik “ShopeePay”.
- Anda kemudian bisa memilih menu “Isi Saldo” dan lanjutkan memilih metode pembayaran.
- Setelah itu klik opsi “Transfer Bank”.
- Anda dapat memilih jenis bank yang akan digunakan untuk isi ShopeePay.
- Jika sudah memilih, Anda harus klik “Konfirmasi”.
- Kemudian Shopee akan memberikan nomor akun virtual atau virtual account.
- Catat atau salin untuk digunakan top up ShopeePay.
- Langkah terakhir Anda dapat menggunakan kode tersebut dan ikuti langkah selanjutnya untuk mengisi ShopeePay melalui ATM/mobile banking/internet banking/SMS banking.