Advertising adalah Strategi Pemasaran, Ini Manfaat dan Jenisnya
Advertising adalah istilah yang berasal dari bahasa Inggris yang berarti iklan. Penggunaan kata advertising memudahkan perusahaan dan bisnis untuk menjangkau pelanggan. Biasanya iklan menggunakan gambar, kata-kata, dan tampilan menarik untuk menjangkau pelanggan.
Advertising menjadi strategi untuk memasarkan barang dan jasa dalam bisnis. Iklan ditayangkan di berbagai media baik itu offline maupun online. Advertising membutuhkan tim kreatif agar barang dan jasa lebih menarik dan mendorong pelanggan untuk membeli.
Pengertian Advertising
Advertising adalah kegiatan kreatif yang berhubungan dengan jasa periklanan memakai medium. Advertising meliputi proses kreasi, produksi, dan distribusi dari iklan yang dihasilkan.
Dalam buku Digital Marketing, proses penyampaian pesan ini menggunakan teknologi sebagai penunjang. Selain itu teknologi membantu menyampaikan pesan lebih luas ke masyarakat.
Internet Advertising
Perkembangan teknologi digital menjadi tren pemasaran baru, contohnya memasarkan produk secara online. Internet advertising adalah komunikasi nonpersonal bersifat persuasif. Iklan melalui internet ini untuk mengkomunikasikan barang dan jasa pada pelanggan.
Jaringan internet dipakai sebagai pengembangan pemasaran tradisional. Menurut Walmsley (2007) dalam buku Marketing dan Media Sosial, internet dapat meningkatkan kemampuan transformasi media, sehingga membantu pemasar meningkatkan penjualan ke konsumen secara online.
Penggunaan digital marketing dapat menjangkau pelanggan. Iklan dapat tayang 24 jam sehari dan tersebar di berbagai dunia. Penjual juga bisa membangun komunitas untuk produk dan layanan secara online. Berikut jenis iklan digital:
- Iklan di media sosial
- Pemasaran melalui email
- Iklan pada banner website
- Iklan bergambar di video
- Iklan berdasarkan pencarian di website
Manfaat Advertising
Advertising menjadi cara efektif untuk mempromosikan dan menjual barang dan jasa. Supaya iklan menarik pelanggan, Anda perlu melakukan identifikasi target pasar dan menyesuaikan produk. Selain itu, iklan bisa membedakan produk dari pesaing. Berikut manfaat advertising untuk bisnis:
- Meningkatkan jangkauan pelanggan
- Membangun kesadaran pelanggan mengetahui produk
- Meningkatkan penjualan dan pendapatan
- Mendapatkan keuntungan lebih dari pesaing
- Memberi informasi tentang produk pada pelanggan
Kekurangan Iklan
Advertising memiliki kelebihan dan kekurangan untuk bisnis. Kelebihan iklan yaitu meningkatkan permintaan produk, membangun merek, dan meningkatkan keyakinan konsumen untuk membeli. Tetapi iklan juga punya kekurangan dalam bisnis antara lain:
1. Meningkatkan Biaya
Iklan membutuhkan biaya tinggi, sehingga perusahaan perlu menambahkan biaya produk. Contohnya seperti iklan di televisi, banner, iklan di media cetak yang membutuhkan biaya lebih tinggi
2. Membingungkan Pembeli
Kebanyakan iklan dapat membingungkan pembeli untuk memilih produk. Mereka menganggap terlalu banyak informasi untuk satu barang yang sama tetapi berbeda produk. Contohnya pembeli bingung memilih produk A atau B karena ada di rak yang sama.
3. Menyesatkan Pelanggan
Beberapa iklan menggunakan strategi cerdas untuk menyesatkan pelanggan. Ada berbagai iklan unik dan menarik sehingga menyesatkan pembeli. Tetapi iklan yang unik ini bisa memudahkan pembeli untuk mengingat suatu produk.