Cara Mengubah Ukuran Foto 4x6 dalam Pixel pada Sistem Operasi Windows

Image title
2 September 2022, 19:08
ukuran foto 4x6 dalam pixel
pixabay.com
Ilustrasi, seseorang bekerja menggunakan laptop.

Ukuran foto 4x6 dalam pixel merupakan salah satu ukuran foto yang lazim dijumpai. Pasalnya, pixel merupakan ukuran standar resolusi foto yang akan dicetak. Sementara, ukuran foto 4x6 merupakan salah satu ukuran foto yang lazim digunakan.

Pixel sendiri, merupakan singkatan dari bahasa inggris yaitu pixel element, yakni suatu unsur sebuah titik terkecil di dalam suatu gambar yang dihitung per inci, yakni dot per inch (DPI). DPI merupakan jumlah titik per inci dalam suatu gambar yang dicetak oleh printer. Semakin tinggi kerapatan jumlah titik, berpengaruh pada resolusi cetak yang ikut tinggi.

Ukuran foto 4x6 dalam pixel termasuk sebagai ukuran foto yang paling banyak dicari orang. Sebab, ukuran ini sering digunakan sebagai acuan kelengkapan foto untuk kebutuhan administrasi, seperti ijazah, sertifikat, dan lainnya.

Ukuran Foto 4x6 dalam Pixel

Ukuran foto 4x6 dalam pixel tidak terbatas dalam satu ukuran saja. Melainkan mengikuti titik per inci atau DPI dalam sebuah foto tersebut. Seperti diketahui, semakin tinggi kerapatan jumlah titik, maka berpengaruh pada resolusi cetak yang ikut tinggi.

Untuk ukuran foto 4x6 dalam pixel sendiri, umumnya terbagi atas enam jenis, mengikuti DPI-nya. Masing-masing merepresentasikan besaran pixel yang berpengaruh pada resolusi cetaknya.

Keenam ukuran foto 4x6 dalam pixel yang dimaksud, antara lain:

  • Ukuran foto 4x6 dalam 72 DPI: 108 x 158 pixel
  • Ukuran foto 4x6 dalam 96 DPI: 144 x 211 pixel
  • Ukuran foto 4x6 dalam 150 DPI: 225 x 330 pixel
  • Ukuran foto 4x6 dalam 200 DPI: 300 x 440 pixel
  • Ukuran foto 4x6 dalam 300 DPI: 450 x 660 pixel
  • Ukuran foto 4x6 dalam 400 DPI: 600 x 880 pixel

Cara Mengubah Ukuran Foto 4x6 dalam Pixel

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengubah ukuran foto atau gambar ke dalam satuan pixel. Cara mengubah foto ini, bahkan dapat dilakukan tanpa menginstal aplikasi atau software khusus. Cukup menggunakan aplikasi bawaan sistem operasi Windows.

Windows menjadi contoh dalam ulasan berikut ini, karena sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang lazim digunakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Ada tiga aplikasi atau software bawaan Windows yang bisa digunakan untuk mengubah ukuran foto 4x6 dalam pixel, yakni Paint, Microsoft Word, dan Microsoft Office Picture Manager.

1. Paint

Software pertama yang dapat digunakan untuk mengubah ukuran foto 4x6 dalam pixel adalah Paint. Ini memungkinkan, karena hampir setiap laptop memiliki software ini.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...