Fauna Australis adalah Hewan Bagian Timur, Ini Cirinya

Dwi Latifatul Fajri
4 Oktober 2022, 17:04
Fauna Australis adalah jenis hewan yang ada di bagian timur Indonesia
https://hewanpedia.com
Ilustrasi Walabi Fauna Australis

Persebaran flora dan fauna di Indonesia dibagi menjadi dua, mengacu pada garis Wallace dan Weber. Kedua garis itu membagi fauna di Indonesia menjadi tiga tipe yaitu fauna tipe oriental (Asiatis), fauna tipe peralihan, dan fauna tipe Australis.

Persebaran fauna Australis adalah keberadaan hewan yang berasal dari wilayah bagian timur. Di mana, persebaran fauna di Tanah Air dipengaruhi beberapa faktor, seperti keadaan alam, pergerakan hewan di alam bebas, hingga rintangan yang dihadapi. 

Pengertian Fauna Australis

Fauna Australis adalah kelompok hewan di bagian timur Indonesia. Hewan tipe Australis ditemukan di daerah Maluku dan Papua. Dalam buku Geografi Geografi SMA/MA Kls XI, fauna Australis disebut juga fauna Gondwana. Pengertian Gondwana adalah benua purba Australia.

Hewan di daerah timur berada di Paparan Sahul meliputi pulau Maluku dan Papua. Secara geologi, paparan Sahul ini bergabung dengan benua Australia. Sehingga terdapat kemiripan flora dan fauna di daerah timur dengan benua Australia. Fauna Australia ini dibatasi oleh Garis Weber yang memanjang lewat laut Timor, laut Seram, dan Halmahera.

Ciri-ciri Fauna Australis

  • Binatang yang menyusui berukuran kecil
  • Tidak banyak ikan air tawar di daerah Maluku dan Papua
  • Warna bulu burung lebih cerah dan warna-warni
  • Ada hewan berkantung contohnya kuskus berbintik dan kanguru pohon
  • Ciri lainnya dari fauna Australis adalah tidak ada primata

Contoh Fauna Australis

1. Koala

Koala termasuk fauna Australis di daerah Papua dan Maluku. Hewan berkantung ini biasanya tinggal di pohon dan makan daun. Fakta menarik dari koala yaitu bisa tidur sampai 18 jam per hari.

2. Kanguru

Kanguru termasuk hewan berkantung yang berjalan dengan kaki belakang. Kanguru melompat untuk bergerak menggunakan kedua kaki.

3. Walabi

Walabi termasuk hewan berkantung seperti kanguru. Tetapi ukuran walabi lebih kecil dari kanguru. Mereka berjalan menggunakan dua kaki belakang. Sedangkan kedua tangan bagian depan untuk makan.

4. Burung Cendrawasih

Burung Cendrawasih ditemukan di bagian Timur Papua, Papua Nugini, dan pulau selat Torres. Hewan ini memiliki bulu yang cerah dan warna-warni seperti biru, kuning, dan hijau.

5. Kakatua

Burung kakatua termasuk burung hias yang memiliki warna indah. Kakatua memiliki lengkingan suara nyaring dan unik. Meski hewan peliharaan, ada juga kakatua liar yang hidup di hutan. Makanan kakatua ini adalah biji-bijian dan kacang-kacangan. Hewan ini biasanya tinggal di tepi hutan dan pohon tinggi.

6. Kasuari

Burung kasuari adalah jenis burung berukuran besar dan tidak bisa terbang. Kasuari hidup di hutan tropis Australia dan Asia Tenggara. Rata-rata tinggi kasuari dewasa sekitar 1,5 meter sampai 1,8 meter, sedangkan beratnya mencapai 60 kg.

7. Buaya Air Tawar

Contoh lainnya dari fauna Australis adalah buaya air tawar. Hewan satu ini menyebar di perairan tawar Papua. Bentuk buaya hampir sama dengan buaya muara. Tetapi buaya air tawar berukuran lebih kecil dan warna kulit lebih gelap.

Editor: Intan

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...