7 Manfaat Edamame Ini Ampuh Jaga Kesehatan

Image title
7 Oktober 2022, 16:47
Ilustrasi kacang kedelai yang dikenal akan manfaat edamame untuk kesehatan.
unspalsh.com
Ilustrasi kacang kedelai yang dikenal akan manfaat edamame untuk kesehatan.

Kata edamame belakangan ini mulai dikenal orang. Terutama setelah rapper asal Indonesia Rich Brian merilis lagu berjudul Edamame. Lagu tersebut kini sudah didengar ribuan orang di seluruh dunia.

Meski demikian, masyarakat Indonesia agaknya masih asing dengan manfaat edamame. Padahal kacang ini berkhasiat untuk menurunkan risiko terjadi berbagai penyakit, hingga mampu menyehatkan saluran pencernaan.

Manfaat edamame berasal dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Pada dasarnya, edamame merupakan kacang kedelai. Hanya saja kacang ini dipanen saat masih mentah.

Di Jepang, edamame kerap diolah menjadi panganan sehat. Sedangkan di Eropa edamame sering disantap sebagai camilan.

Kandungan Nutrisi Edamame 

Manfaat edamame sama saja dengan kacang kedelai pada umumnya, karena menjadi sumber asam amino esensial yang baik selain daging dan susu. Menurut National Institutes of Health, kacang edamame mengandung isoflavon. Sebuah senyawa antioksidan yang dapat membantu menurunkan risiko kanker dan osteoporosis.

Kacang edamame acap kali dijual dalam bentuk utuh dengan kulitnya. Para ahli kesehatan sangat menganjurkan kacang ini dikonsumsi teratur, sehingga manfaat edamame akan berdampak baik bagi kesehatan tubuh.

Berdasarkan data yang dipublikasikan di laman U.S. Department of Agriculture, edamame menyediakan 224 kalori (dalam secangkir). Jumlah tersebut dapat menyumbang asupan kalori harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa sampai sekitar 7-11%.

Manfaat edamame terasa lebih lengkap dengan tersimpannya sejumlah kecil vitamin E, thiamin, riboflavin, niacin, dan vitamin B6. Mengutip Medical News Today, berikut merupakan kandungan nutrisi di dalam secangkir kacang edamame:

  • Kalsium sekitar 10 %
  • Vitamin C lebih dari 10 %
  • Zat besi sekitar 20 % 
  • vitamin K sekitar 34 % 
  • Folat sekitar 120 %
  • Protein sedikitnya 33 %

Selain nutrisi di atas, kacang edamame juga terbentuk dari serat. Serat ini berperan penting dalam melancarkan pencernaan di dalam tubuh. Dengan begitu, orang yang menyantapnya akan terhindar dari gangguan pencernaan.

Manfaat Edamame untuk Kesehatan 

Edamame kaya akan beberapa kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Dibandingkan dengan kacang kedelai matang, edamame memiliki lebih banyak vitamin K serta folat. Lalu apa saja manfaat edamame? Dilansir dari Healthline dan Alodokter, berikut ini rangkumannya:

1. Menurunkan Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi berpotensi menyebabkan penyakit jantung, khususnya kadar kolesterol jahat (LDL).

Dalam artikel yang dipublikasikan oleh National Library of Medicine menyebutkan, bahwa orang yang mengonsumsi kedelai rata-rata 25 gram protein kedelai per hari, mengalami penurunan kolesterol sekitar 3-4%. Klaim khasiat tersebut merupakan satu dari beberapa manfaat edamame. 

2. Menjaga Kesehatan Otak

Setiap orang akan mengalami penurunan fungsi otak saat bertambah usia. Akan tetapi hal ini bisa diminimalisir dengan asupan isoflavon.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...