5 Cara Membedakan Kucing Jantan dan Betina

Destiara Anggita Putri
12 Oktober 2022, 12:02
Cara Membedakan Kucing Jantan dan Betina
Unsplash
Ilustrasi, kucing jantan dan betina.

Kucing merupakan salah satu hewan yang selalu diinginkank banyak orang untuk dijadikan hewan peliharaan. Namun, memelihara kucing tentunya bukan hal yang mudah. Ada banyak hal yang harus diketahui khususnya bagi mereka yang tidak pernah memelihara kucing. 

Bila Anda juga demikian, penting bagi Anda untuk mengetahui perbedaan antara kucing jantan dan betina. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui perawatan yang tepat, agar kucing tetap sehat.

Bila Anda tidak bingung mengetahui bagaimana caranya, simak penjelasan mengenai lima cara membedakan kuciing jantan dan betina di bawah ini.

1. Alat Kelamin

Alat kelamin bisa dijadikan acuan pertama Anda untuk membedakan kucing jantan dan betina.  Namun sebelum melakukan cara ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. 

Pertama, hindari menyentuh atau mengangkat langsung ekor kucing agar Anda tidak terkena cakaran atau gigitan dari kucing Anda yang marah.  Selain itu, hanya lakukan cara ini ketika  kucing Anda sudah berusia lima minggu lebih agar lebih mudah melihat alat kelamin mereka. 

Setelah mengetahui hal-hal tersebut, lakukan langkah-langkah berikut.

  • Pertama, elus perlahan kucing Anda dari bagian belakang dan depan agar mereka merasa nyaman. 
  • Buat kucing Anda bisa mengenali bau Anda.
  • Kemudian, angkat ekor kucing Anda secara perlahan ke atas untuk melihat alat kelaminnya

Pada umumnya, kucing jantan memiliki anus, skrotum dan penis. Skrotum mereka biasanya tertutupi oleh bulu dan terdapat dua testis dengan ukuran yang berbeda. 

Terkadang skrotum mereka menonjol ke luar di bagian belakang dan tampak seperti benjolan. Namun,  hal ini akan sulit dilihat bila mereka memiliki bulu yang panjang.

Lalu,  untuk kucing betina, pada  umumnya mereka hanya memiliki lubang anus dan saluran urin atau vulva yang berbentuk seperti irisan vertikal.  Bagian vulvanya  agak sedikit menjorok ke bagian dalam tubuh sehingga membuatnya agak sulit dikenali. Oleh karena itu, Anda butuh melihatnya dengan lebih seksama.  

2. Jarak Kemaluan 

Cara berikutnya untuk membedakan kucing jantan dan betina adalah melihat jarak kemalaun mereka.  Sebelum melakukannya,  buat kucing Anda rileks terlebih dahulu. 

Pertama, Anda bisa  mengelus-elus bagian perut atau punggung kucing.  Setelah itu, angkat  bagian kornya untuk melihat jarak kemaluan mereka.

Pada kucing jantan,  biasanya mereka memiliki jarak kemaluan yang cukup berjauhan.  Pada kucing jantan dewasa umumnya memiliki jarak sekitar  2,5 cm sementara anak kucing memiliki jarak  1,3 cm.

Di sisi lain, kucing betina justru memiliki jarak kemaluan yang pendek. Jarak antara anus dan vulva mereka hanya 1,3 cm, baik pada kucing dewasa maupun anak-anak. 

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...