5 Teknik Tolak Peluru dan Cara Melakukannya

Image title
17 Oktober 2022, 23:45
teknik tolak peluru
ANTARA FOTO/REUTERS/Phil Noble/wsj
Commonwealth Games - Athletics - Women's Shot Put - Final - Alexander Stadium, Birmingham, Britain - August 3, 2022England's Sophie Mckinna in action

Tolak peluru merupakan cabang nomor atletik yang diperlombakan dalam ajang bergengsi seperti Asian Games hingga Olimpiade. Olahraga ini mengharuskan para atletnya menguasai teknik tolak peluru yang benar, agar hasil lemparannya mencapai titik sejauh mungkin.

Di Indonesia, teknik tolak peluru biasanya akan diajarkan di bangku sekolah dasar dan menengah. Sesuai namanya, olahraga tolak peluru adalah suatu upaya menolak atau mendorong bola besi ke arah depan.

Advertisement

Tolak peluru harus dilakukan menggunakan satu tangan. Hal tersebut sudah menjadi aturan dasar yang disepakati baik oleh para atlet maupun induk organisasi atletik dunia yaitu IAAF.

Meski terlihat mudah, pada prakteknya cara menolak peluru yang benar cukup sulit dilakukan. Mengingat bobot dari pelurunya sendiri lumayan berat. Untuk kompetisi resmi, ukuran berat bola peluru bagi atlet pria yaitu 7,26 kg. Sedangkan bagi atlet putri beratnya 4 kg.

Agar tembakan peluru bisa mencapai titik paling jauh, seorang atlet perlu menguasai dasar-dasar dari teknik tolak peluru. Apa saja teknik tolak peluru yang harus dipelajari? Berikut penjelasan ringkasnya.

Teknik Tolak Peluru

Secara umum terdapat beberapa fase dalam teknik tolak peluru. Teknik ini dimulai dengan sikap awalan atlet hingga posisi tubuh setelah peluru berhasil dilesatkan. Mengutip PJOK Modul 10 Atletik - Tolak Peluru, berikut uraiannya:

1. Cara Memegang Peluru yang Benar

Cara memegang peluru yang benar adalah sebagai berikut:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement