Mengenal Kelincahan, Unsur Kebugaran dalam Olahraga

Image title
18 Oktober 2022, 12:02
kelincahan
ANTARA FOTO/Anis Efizudin
Pemain Parkour menunjukkan kelincahannya melompat saat bermaian Parkour di komplek Gedung Pemuda, Temanggung, Jateng, Selasa (4/2/2020). Aksi tersebut dalam rangka memeriahkan gelaran Festival Muslim yang bertujuan untuk mempersatukan umat muslim melalui ekonomi dan seni budaya.

Hampir semua jenis olahraga mengharuskan atletnya punya kelincahan tubuh. Akan tetapi, apa yang dimaksud dengan kelincahan itu? Apakah hal tersebut berpengaruh terhadap performa atlet? Untuk menemukan jawabannya, Anda bisa simak artikel ini sampai tuntas.

Kelincahan sering dikaitkan dengan kemampuan seseorang untuk mengubah posisi tubuh saat bergerak cepat. Skill ini begitu penting dikuasai karena akan menunjang performanya di dalam pertandingan.

Olahraga seperti sepak bola, basket,  bulu tangkis, dan sebagainya memiliki intensitas yang tinggi. Sehingga untuk melakukan gerakan tertentu, diperlukan kelincahan yang bagus.

Selain itu, kelincahan juga menjadi aspek penting dalam kehidupan manusia sehari-hari. Orang yang punya kelincahan biasanya bisa bergerak lebih fleksibel dan efisien.

Lebih lengkap tentang apa yang dimaksud dengan kelincahan, berikut penjelasannya.

Apa yang Dimaksud dengan Kelincahan? 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), diksi kelincahan mengacu pada keterampilan untuk mengubah arah dan posisi tubuh secepat mungkin dengan kontrol yang tepat.

Sedangkan di dalam bahasa Inggris, apa yang dimaksud dengan kelincahan yaitu agility. Istilah ini bisa memiliki makna berbeda tergantung pada penggunaannya di sebuah kalimat.

Di bidang olahraga, makna sesungguhnya dari kelincahan adalah kombinasi dari berbagai kemampuan fisik. Sehingga menciptakan gerakan seluruh tubuh dengan cepat untuk merubah arah sebagai respons terhadap stimulus.

Mengutip buku Penjasorkes, kelincahan adalah salah satu dari unsur kebugaran jasmani. Fungsinya di dalam olahraga sangat penting dan bisa menjadi faktor penentu keberhasilan atlet pada cabor yang diikutinya.

Berdasarkan uraian di atas, bisa disimpulkan bahwa apa yang dimaksud dengan kelincahan khususnya di olahraga yaitu suatu gerakan yang sangat kompleks. Faktor yang mempengaruhi kelincahan seseorang adalah meliputi keseimbangan, orientasi terhadap ruang, ketepatan, kecepatan, fleksibilitas otot, dan sebagainya.

Manfaat dan Tujuan Kelincahan

Pendiri sekaligus Direktur Science for Sport, Owen Walker menjelaskan, kelincahan dan perubahan kecepatan arah merupakan dua hal yang berhubungan. Akan tetapi, baru-baru ini kedua istilah tersebut mulai dipisahkan.

Sejatinya, apa yang dimaksud dengan kelincahan merupakan pergerakan yang melibatkan reaksi terhadap situasi tidak terduga secara langsung. 

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...