Olahraga saat Puasa dan Manfaatnya untuk Tubuh

Dwi Latifatul Fajri
18 April 2022, 13:48
olahraga saat puasa
Pexels.com/Ron Lach
Ilustrasi, olahraga saat puasa

Olahraga ringan bisa dilakukan ketika puasa. Waktu olahraga saat puasa yang tepat yaitu menjelang buka puasa. Sebelum berbuka puasa, anda bisa melakukan olahraga ringan selama 30 menit. Usahakan olahraga yang dipilih tidak menghabiskan energi terlalu banyak dan kekurangan cairan tubuh.

Selama puasa, tubuh tidak makan dan minum. Tetapi anda tetap melakukan aktivitas seperti biasa, salah satunya olahraga. Selama puasa, anda bisa olahraga ringan yang tidak menguras banyak tenaga.

Advertisement

Contoh olahraga ringan yang bisa dilakukan selama puasa yaitu sepeda santai, jalan kaki, yoga, dan lari. Olahraga intensitas rendah ini membantu tubuh bergerak aktif.

Waktu Olahraga Saat Puasa

Mengutip dari globalnews.ca, anda bisa melakukan aktivitas olahraga satu jam setelah berbuka puasa. Waktu sejam ini supaya tubuh dapat mencerna makanan dan punya banyak energi.

Selama puasa, tubuh tidak makan dan minum. Oleh karena itu, usahakan melakukan olahraga ringan selama 20-30 menit sebelum buka puasa. Olahraga bermanfaat untuk tubuh yang mendapat asupan energi setelah berbuka.

Dalam jurnal berjudul "Olahraga di Bulan Ramadhan" oleh Yudik Prasetyo, olahraga ketika puasa dilakukan dengan intensitas 40% sampai 50%.

Contoh olahraga ringan yaitu, jalan kaki dan lari selama 20-30 menit. Waktu olahraga saat puasa bisa dilakukan menjelang buka puasa, selesai shalat tarawih, dan menjelang sahur.

Tips Olahraga Saat Puasa

Sebelum memulai olahraga, anda bisa menentukan olahraga apa yang sesuai. Setiap orang memiliki energi dan kekuatan yang berbeda. Jangan sampai olahraga ringan membuat tubuh kehabisan energi.

Contoh menu makan sahur yang bergizi terdiri dari 15% protein, 20-25% lemak, dan sisanya karbohidrat. Zat gizi ini membantu untuk meningkatkan energi ketika puasa.

Mengutip dari okadoc.com, berikut beberapa tips olahraga ketika puasa. Tips ini membantu seseorang untuk menjaga kesehatan tubuh dan olahraga saat puasa.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement