5 Cara Cek Tipe HP Oppo dengan Mudah

Dwi Latifatul Fajri
19 Oktober 2022, 16:17
Cara Cek Tipe HP Oppo
Youtube.com/805gadget
Ilustrasi HP Oppo dengan dusbok

Setiap ponsel memiliki tipe atau model perangkat yang berbeda, contohnya Oppo sebagai brand smartphone asal Cina. Oppo termasuk HP Android berkualitas yang memiliki spesifik menarik untuk pengguna.

Cara cek tipe HP Oppo cukup mudah yaitu melalui nomor seri yang tertera di dus boks. Nomor seri ini bisa dicocokkan dengan HP Oppo melalui pengaturan. Cara ini dilakukan untuk berjaga-jaga jika nomor seri di dusbook dan HP Oppo berbeda.

Serial number dibutuhkan sebagai identitas produk. Biasanya nomor seri ini berhubungan dengan hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak). Mengutip dari Aturtoko.id, nomor seri umumnya menggabungkan perpaduan nomor dan angka.

Nomor seri ini berfungsi untuk penomoran, terlebih jika produk memiliki masa kedaluwarsa. Pada produk HP dan tablet nomor seri juga terdapat nomor IMEI. Setiap perangkat memiliki nomor IMEI yang berbeda.

Cara Cek Tipe HP Oppo

1. Buka Pengaturan

Cara pertama cek tipe HP Oppo melalui pengaturan (settings). Setiap ponsel memiliki nomor seri dan IMEI yang bisa diakses melalui pengaturan. Cara membuka pengaturan di HP Oppo yaitu:

  • Buka aplikasi Settings di HP Oppo
  • Gulir ke bawah sampai menemukan Tentang Ponsel (About Phone)
  • Akan muncul informasi terkait tipe HP, nomor IMEI, dan jenis Android

2. Cek Tipe HP Oppo di Dusbook

HP Oppo yang dibeli resmi memiliki nomor seri yang sama dengan kemasan dus box. Cara cek nomor seri di dusbook bisa dilihat di bagian belakang dus. Ada informasi mengenai nomor IMEI yang tertera di bagian pojok bawah. Pastikan nomor seri di HP sama dengan di dus box.

3. Kode Cek Tipe HP Oppo

Cara cek tipe HP Oppo bisa menggunakan kode akses. Nantinya pengguna mendapatkan kode rahasia untuk menampilkan informasi terkait nomor seri dan spesifikasi HP. Mengutip dari Iteachandroid.com, berikut cara cek tipe HP Oppo:

  • Buka menu panggilan atau ikon telepon di HP Oppo
  • Ketuk kode *#6776#
  • Kemudian pilih panggil
  • Tunggu sampai muncul informasi terkait tipe dan model HP Oppo

4. Cek Tipe HP di Bagian Belakang

Ponsel Oppo memberikan informasi nomor seri di bagian belakang HP. Biasanya nomor seri ini berupa stiker yang ditempel. Selain nomor seri stiker tertera informasi nomor IMEI dan model HP.

5. Aplikasi CPU-Z untuk Cek Tipe HP Oppo

Selain aplikasi bawaan, cara cek tipe HP Oppo bisa menggunakan CPU Z. Aplikasi ini bisa diunduh atau download melalui Google Play. Berikut cara menggunakan CPU-Z di HP Oppo:

  • Instal aplikasi CPU Z di Play Store
  • Setelah terinstal buka aplikasi CPU Z
  • Pilih menu Device
  • Menu ini menampilkan spesifikasi HP Oppo seperti mode, tipe HP, ukuran layar, RAM, dan penyimpanan

Editor: Intan

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...