5 Cara Move on Terbaik Menurut Psikologi

Dwi Latifatul Fajri
25 Oktober 2022, 15:30
Cara Move On Terbaik
pixabay.com/analogicus
Ilustrasi Move On

Kata move on sering dikaitkan dengan melupakan kenangan buruk atau pindah ke tempat baru. Move on berasal dari bahasa Inggris yang artinya berpindah. Arti move on sebenarnya bersifat umum, tetapi kebanyakan orang menghubungkan dengan masalah percintaan.

Move on sering diartikan sebagai proses membuka diri atau menerima cinta dari orang lain. Ada juga yang beranggapan move on adalah proses melupakan kenangan masa lalu. Salah satu cara move on yaitu berdamai dengan diri sendiri. Langkah ini membantu seseorang untuk melupakan kenangan di masa lalu dengan seseorang.

Cara Move on Terbaik

Istilah move on sering dikaitkan dengan hubungan putus cinta. Seseorang perlu berusaha untuk melupakan hubungan masa lalu. Setiap hubungan bisa mengalami kegagalan, hingga menyebabkan patah hati.

Apa yang harus dilakukan agar cepat move on? Beberapa orang bahkan kesulitan melupakan masa-masa sulit setelah putus cinta. Move on menjadi langkah untuk melangkah maju ke depan. Berikut cara move on terbaik menurut psikologi:

1. Rasa Welas Asih

Rasa welas asih atau self compassion termasuk cara move on terbaik. Mengutip dari Psychalive.org, rasa welas asih menjadi bahan untuk penyembuhan putus cinta. Menurut Greater Good Magazine, dalam penelitian menunjukkan rasa welas asih berdampak pada sifat, kebiasaan, dan detail praktis lain.

Self compassion membantu mengurangi pikiran negatif. Dr. Kristin Neff, seorang peneliti utama tentang self-compassion menjelaskan ada tiga elemen utama yaitu:

  • Kebaikan sebagai lawan dari penilaian diri sendiri
  • Rasa kemanusiaan lawan dari isolasi
  • Perhatian penuh lawan dari identifikasi berlebihan

2. Mencoba Realistis

Putus cinta membuat seseorang menutup mata pada realita. Hal ini terjadi karena seseorang memiliki kecenderungan untuk sebuah hubungan ideal. Setelah putus cinta, beberapa orang sulit menerima kenyataan hingga berakhir di tahap penolakan untuk kesedihan. Salah satu cara move on yaitu mencoba realistis.

3. Mencari Kesibukan

Mencari kesibukan, melakukan aktivitas baru, dan hobi mungkin membutuhkan waktu. Namun cara ini membantu Anda untuk memikirkan masa lalu. Mencari kesibukan baru membuat Anda melangkah ke depan. Kesibukan membantu seseorang berupaya kreatif dan fokus akan tujuan baru.

Contoh sederhana mencari kesibukan yaitu menata ulang ruangan Anda, memindahkan barang dari mantan, hingga mengikuti kegiatan. Anda bisa memilih berbagai kegiatan di luar untuk mengurangi masalah dalam pikiran.

4. Menyenangkan Diri Sendiri

Putus cinta membuat seseorang terus-terusan bersedih, sampai mereka lupa tentang diri sendiri. Jika Anda merasa tidak layak, luangkan waktu untuk memanjakan diri sendiri. Carilah hal menyenangkan untuk membangun kepercayaan diri.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...