7 Sabun Cuci Muka untuk Kulit Kombinasi Paling Aman

Ghina Aulia
26 Oktober 2022, 09:56
Sabun cuci muka untuk kulit kombinasi
pexels/Shvets Production
ilustrasi sabun cuci muka

Kulit kombinasi adalah gabungan dari beberapa jenis kulit, umumnya cenderung berminyak dan kering. Adapun ciri kulit kombinasi yang paling umum, yakni terdapat bagian berminyak pada sisi  tertentu, sedangkan di sisi lainnya akan terasa kering atau normal.

Memiliki kulit kombinasi ternyata juga memerlukan penanganan ekstra. Termasuk memilih produk skincare, seperti sabun cuci muka untuk kulit kombinasi. Tujuannya agar tidak menimbulkan masalah dan memicu sensitivitas wajah.

Sabun cuci muka sejatinya berfungsi untuk membersihkan wajah, namun seiring perkembangan zaman, banyak produk yang mampu menghadirkannya berbagai manfaat. Salah satunya, sabun cuci muka untuk mengatasi jerawat dan menenangkan kulit.

Tak hanya itu, ada juga produk yang khusus untuk melembapkan dan menjaga elastisitas wajah. Berikut adalah rekomendasi sabun cuci muka untuk kulit kombinasi:

1. Mineral Botanica First Defense Facial Wash

Sabun cuci muka untuk kulit kombinasi yang pertama adalah dari Mineral Botanica yang juga dapat mencerahkan. Di dalamnya terdapat kandungan vitamin B1, B2 dan ekstrak ganggang merah. Pembersih ini terformulai untuk mengatasi masalah wajah kusam dan tidak bercahaya.

Perlu diketahui juga bahwa pH sabun ini bersifat netral dan aman untuk kulit sensitif. Selain itu, klaim lainnya adalah anti inflamasi, yakni bebas dari radang kemerahan. Lalu, adanya antioksidan, dapat melembapkan dan bebas dari kandungan paraben yang berbahaya bagi kulit.

2. Himalaya Herbals Purifying Neem Face Wash

Pembersih wajah ini memiliki kandungan utama berupa Neem (daun nimba) yang dipercaya dapat mengatasi infeksi bakteri penyebab jerawat dari akarnya. Lalu, campuran kunyit yang berperan sebagai antiseptik dan dapat meratakan warna kulit.

Sabun cuci muka ini juga dapat mempertahankan elastisitas kulit. Klaim lainnya adalah bersifat anti inflamasi atau bebas dari peradangan dan dapat menenangkan wajah sehingga aman untuk Anda yang berkulit sensitif.

3. Senka Perfect Whip Fresh

Produk Senka satu ini memiliki kandungan Uji Green Tea yang kaya akan antioksidan yang dipercaya dapat berperan sebagai sunscreen alami. Selain itu juga dapat mempertahankan wajah bebas kilap lebih lama.

Memiliki busa yang melimpah, sabun cuci muka Senka ini bagus untuk kulit kombinasi yang sensitif. Kontak antara wajah dan kulit tangan akan terhindar. Dengan begitu, dapat mencegah munculnya jerawat dan bruntusan akibat bakteri yang menempel pada permukaan tangan.

4. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Pembersih ini bersifat sangat netral dan dapat menenangkan kulit. Tidak menghasilkan banyak busa, Anda dapat menggunakannya dengan dan tanpa air. Sangat cocok untuk dibawa saat perjalanan jauh. Menariknya, Cetaphil Gentle Skin Cleanser tak hanya dapat diaplikasikan pada wajah, melainkan juga anggota tubuh lainnya dan aman.

Produk ini dipercaya dapat membersihkan kotoran dan debu dengan efektif. Selain itu, juga dapat meredakan kulit dari kekeringan. Di dalamnya terdapat kandungan niacinamide yang termuat vitamin B3. Selain itu, juga ada pro-vitamin B5 dan gliserin yang mampu menjaga hidrasi dan memperkuat kulit sensitif.

5. Garnier Sensitive Anti-Acne Cleansing Gel

Produk Garnier satu ini cocok untuk kulit kombinasi yang cenderung berminyak dan berjerawat. Pada produk ini, terdapat kandungan purifying zinc dan ekstrak witch hazel yang mampu melembutkan wajah. Manfaat lainnya yaitu dapat mengendalikan produksi minyak, menghilangkan jerawat dan meredam kemerahan.

Klaim lainnya dari produk ini yaitu bebas dari pemicu alergi. Dengan begitu, sabun cuci muka ini cocok untuk kulit sensitif. Adapun kandungan penunjang lainnya adalah salicylic acid, sodium laureth sulfate, salix alba bark extract dan masih banyak lagi.

6. Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Facial Wash

Sabun cuci muka untuk kulit kombinasi ini memiliki pH yang sesuai dengan kulit wajah. Dengan begitu, tidak rentan akan iritasi dan aman digunakan. Dapat dipastikan di dalamnya tidak terdapat zat pewarna, pewangi bahkan minyak.

Di dalamnya terdapat dua tipe hyaluronic acid. Ada improved hyaluronic acid (AcHA) yang dipercaya secara efektif dapat melembapkan kulit. Lalu, ada hyaluronic acid derivate. Sabun cuci muka ini memiliki klaim dapat membersihkan kotoran dan minyak di wajah.

7. COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser

Sabun cuci muka ini aman untuk kulit kombinasi, khususnya yang sensitif. Kandungan pH di dalamnya bersifat netral, hampir menyerupai kulit. Selain menenangkan, pembersih ini juga mampu mengeksfoliasi sehingga wajah akan terasa lebih lembut dan halus.

Tak hanya itu, manfaat lainnya adalah dapat mengontrol minyak berlebih pada wajah. Adapun beberapa kandungan utamanya adalah cocamidopropyl betaine, sodium lauroyl methyl isethionate dan polysorbate 20.

Demikian tujuh rekomendasi sabun cuci muka untuk kulit kombinasi yang bisa Anda gunakan. Kulit kombinasi cenderung cocok menggunakan produk yang bersifat netral, tidak memiliki spesialisasi tertentu, misalnya seperti untuk kulit berjerawat atau untuk kulit kering.

Editor: Intan

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...