Toxic Relationship, Hubungan Beracun yang Merusak Kesehatan Mental

Tifani
Oleh Tifani
27 Oktober 2022, 12:09
toxic relationship
Katadata
Ilustrasi, toxic relationship.

Toxic relationship atau hubungan beracun adalah istilah untuk menggambarkan suatu hubungan tidak sehat yang dapat berdampak buruk bagi keadaan fisik maupun kesehatan mental seseorang. Hubungan ini tidak hanya bisa terjadi pada sepasang kekasih, tapi juga dalam lingkungan teman, friendzone, bahkan keluarga.

Mengutip halodoc.com, hubungan yang buruk tidak bisa disepelekan begitu saja, karena bagaimanapun juga toxic relationship bisa memberikan dampak buruk. Namun ketahui juga kalau arti toxic relationship yakni hubungan tidak sehat juga memiliki beberapa pemicu atau penyebabnya.

Penyebab toxic relationship ini menjadi penyebab umum yang bisa terjadi dalam hubungan seseorang.

  • Pengalaman buruk di masa lalu.
  • Tidak ada support satu sama lain.
  • Komunikasi yang terjalin tidak baik.
  • Rasa cemburu berlebihan.
  • Salah satu pasangan cenderung lebih dominan.
  • Adanya rasa benci satu sama lain.
  • Banyak kebohongan.
  • Kurang mendapat rasa perhatian, kasih sayang dari pengalaman masa lalu.

Setidaknya itulah beberapa penyebab toxic relationship yang bisa muncul dalam hubungan percintaan. Namun ketahui juga bahwa penyebab toxic relationship bisa saja berbeda dalam setiap hubungan percintaan.

Jenis-jenis Toxic Relationship

Dalam toxic relationship dikenal beberapa jenis-jenisnya. Di antara jenis-jenis toxic relationship tersebut memiliki pengertian toxic relationship masing-masing yang penting kalian ketahui. Karena itulah di bawah ini ulasan tentang jenis-jenis toxic relationship.

1. Toxic Relationship Deprecator-Belittler

Toxic relationship satu ini adalah hubungan tidak sehat yang terjalin cenderung membuat harga diri pasangan lebih rendah. Di mana salah satu tandanya adalah meremehkan pasangan bahkan tak ragu melakukannya di depan umum. Kejadian ini mungkin saja akan terus berulang walaupun kalian sudah pernah memperingatkannya.

2. Toxic Relationship Bad Temper

Toxic relationship bad temper adalah hubungan yang mana salah satu pasangan cenderung kerap bersikap marah bahkan hilang kendali. Karena itulah ketika terjebak dalam hubungan tidak sehat ini, salah satu pasangan mencoba melakukan hal atau sesuatu yang tidak memicu kemarahan pasangannya. Sebab sifat tempramennya begitu besar.

3. Toxic Relationship Guilt Inducer

Jenis toxic relationship satu ini terjadi ketika kalian mengalami hubungan yang penuh tekanan. Di mana pasangan akan mencoba memberikan tekanan hingga membuat rasa bersalah itu muncul. Akibatnya dapat membuat kalian merasa bersalah saat melakukan sesuatu. Pasangan kemudian cenderung akan mengontrol dan mengendalikanmu.

4. Toxic Relationship Overreactor

Jenis toxic relationship ini adalah hubungan tidak sehat yang salah satu pasangan cenderung memiliki sikap berlebihan. Sehingga bisa memicu rasa tidak bahagia, emosi tidak stabil, bahkan penyesalan. Begitulah arti toxic relationship jika termasuk jenis overreactor.

5. Toxic Controller

Sesuai dengan namanya, toxic relationship jenis ini adalah hubungan tidak sehat yang salah satu pihak cenderung mengontrol dan mengendalikan. Karena dirinya tidak akan membiarkan orang lain mengendalikannya.

6. Possessive Toxic Controller

Arti toxic relationship jenis ini adalah hubungan tidak sehat yang tidak dikenali pada awalnya. Namun seiring waktu, salah satu pihak justru merasa cemburu yang begitu besar. Akibatnya selalu ada rasa curiga yang muncul.

Selain itu, ia akan cenderung melakukan apapun untuk mengontrol dan memastikan pihak lain tidak melakukan hal buruk padanya. Toxic jenis ini bisa membuat diri kalian mulai berjarak dengan orang-orang terdekat.

7. Toxic Relationship Over Dependern Partner

Jenis toxic relationship satu ini membuat diri kalian justru sebagai pihak yang mengambil keputusan. Di mana kalian menjadi kendali penuh dalam hubungan. Dengan kata lain kalian menjadi orang yang bertanggung jawab atas semua hal dalam hubungan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...