9 Cara Menghilangkan Kulit Bertekstur Sesuai Anjuran Dermatolog

Image title
31 Oktober 2022, 06:21
Ilustrasi, penggunaan pelembap sebagai cara menghilangkan kulit bertekstur
Pexels/cottonbro
Ilustrasi, penggunaan pelembap sebagai cara menghilangkan kulit bertekstur

Kulit bertekstur merupakan hal normal jika teksturnya lembut dan merata. Tetapi, berbagai permasalahan pada kulit, seperti jerawat, kerutan, flek hitam, dan lain-lain dapat membuat tekstur kulit menjadi tidak rata.

Melansir Westlake Dermatology, masalah tekstur kulit sangat umum terjadi di hampir setiap area tubuh. Untungnya, terdapat berbagai cara menghilangkan kulit bertekstur melalui perubahan gaya hidup, produk perawatan kulit, dan perawatan profesional di klinik.

Cara Menghilangkan Kulit Bertekstur

Berdasarkan penjelasan dokter kulit bersertifikat, Emily Wood, MD, dalam situs Westlake Dermatology, berikut cara menghilangkan kulit bertekstur.

1. Gunakan pelembap dan minum air yang cukup

Cara menghilangkan kulit bertekstur dimulai dengan menggunakan pelembap dan minum air yang cukup. Minum air putih dan hindari terlalu banyak kafein dan alkohol yang dapat menyebabkan dehidrasi.

Selalu gunakan pelembap dalam urutan skincare malam dan pagi, bahkan jika Anda memiliki kulit berminyak. Pilih pelembab dengan niacinamide untuk mengurangi peradangan dan asam hialuronat yang berfungsi sebagai humektan untuk menarik air ke dalam kulit.

2. Pakai sunscreen setiap hari

Memakai sunscreen setiap hari termasuk cara menghilangkan kulit bertekstur yang ampuh. Sunscreen melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya, sehingga mencegah kematian atau kerusakan sel kulit.

Selain itu, sunscreen membantu mencegah radikal bebas yang merusak kulit. Pilih sunscreen dengan spektrum luas atau broad spectrum dan berkualitas dengan SPF tinggi. Dengan menggunakan sunscreen, kulit dapat terlindungi dari tekstur kasar dan mencegah penuaan dini.

3. Rutin eksfoliasi

Tekstur kulit yang tidak rata seringkali terjadi karena penumpukan sel kulit mati. Oleh sebab itu, penting untuk rutin eksfoliasi sebagai cara menghilangkan kulit bertekstur. Pakai produk eksfoliasi kimiawi karena lebih lembut daripada scrub wajah yang butirannya kasar.

Jika Anda memiliki kulit berminyak, lakukan eksfoliasi setidaknya sekali hingga dua kali seminggu. Jangan eksfoliasi berlebihan karena dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak.

4. Gunakan retinol

Menggunakan produk retinol di malam hari membantu regenerasi sel-sel kulit dan menghaluskan kulit. Retinol juga merangsang pergantian sel kulit sehingga dapat membantu menghilangkan sel kulit bertekstur.

Mulai dengan retinol berkonsentrasi kecil dan tingkatkan seiring penyesuaian kulit. Untuk retinol dengan formula lebih kuat, konsultasikan pada dokter kulit.

5. Microneedling

Jika masalah tekstur kulit terjadi akibat hilangnya kolagen, microneedling dapat dilakukan sebagai cara menghilangkan kulit bertekstur. Microneedling dilakukan menggunakan jarum untuk membuat tusukan kecil di permukaan kulit.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...