7 Cara Mengatasi Laptop yang Tiba-Tiba Mati Mendadak

Dwi Latifatul Fajri
4 November 2022, 08:40
Cara Mengatasi Laptop yang Tiba-Tiba Mati
Unsplash/Bram Van Oost
Ilustrasi laptop

Laptop yang digunakan terus-menerus perlu diperhatikan kondisinya. Jika dibiarkan laptop mengalami error atau kerusakan pada hardware atau software. Salah satu kerusakan pada laptop yaitu layar yang tiba-tiba mati.

Kerusakan laptop ini banyak terjadi pada laptop yang sudah lama. Laptop tiba-tiba mati bisa terjadi juga pada laptop baru. Penyebab laptop yang tiba-tiba mati bisa terjadi karena daya listrik, baterai, komponen hardware yang panas, dan lainnya.

Jika laptop mendadak mati terus-menerus, lebih baik dibawa ke tempat servis. Sebelum membawa ke tempat servis, anda perlu mengetahui penyebab dan solusi untuk mengatasi laptop mati. Cara mengatasi laptop yang tiba-tiba mati yaitu membersihkan bagian laptop terlebih dahulu dari debu.

Penyebab Laptop yang Tiba-Tiba Mati

Mengutip dari Teknoinsidecom, berikut penyebab umum laptop yang mati sendiri:

  • Komponen hardware panas (overheat)

Penyebab lain laptop tiba-tiba mati karena hardware laptop. Suhu tinggi pada laptop ini beresiko merusak komponen laptop. Hal ini menyebabkan laptop mati tiba-tiba.

  • Prosesor

Prosesor termasuk hardware penting di laptop. Prosesor mengatur proses dan sistem. Tetapi performa prosesor bisa menurun. Hal ini menyebabkan layar laptop tiba-tiba mati.

  • Masalah pada baterai

Masalah pada baterai berdampak pada kinerja laptop. Hal ini menyebabkan daya baterai cepat habis. Jika laptop tiba-tiba mati anda bisa melepas baterai laptop atau charge laptop.

  • Kinerja RAM

RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan prosesor. RAM bisa menyebabkan kinerja laptop menurun, bahkan layarnya tiba-tiba mati.

  • Kerusakan Motherboard

Motherboard adalah papan sirkuit yang menghubungkan komponen komputer. Jika terjadi kerusakan pada motherboard berdampak pada baterai. Termasuk laptop yang mati mendadak meski kapasitas baterai penuh.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...