4 Cara Mematikan Laptop Hang dengan Cepat

Penyebab laptop hang karena memori penuh, banyak program yang dijalankan, dan file sampah. Laptop hang mengakibatkan respon laptop lambat. Berikut cara mematikan laptop hang dengan cepat.
Dwi Latifatul Fajri
23 September 2022, 17:23
Cara Mematikan Laptop Hang
cottonbro/pexels
IlustrasiLaptop Hang

Komputer atau laptop hang menjadi masalah untuk beberapa orang, sehingga terkadang Anda perlu mengetahui cara mematikan laptop hang. Dalam kondisi hang biasanya tidak merespon perintah dari kursor atau mouse. Penyebab laptop hang, biasanya karena aplikasi yang terlalu berat untuk dijalankan. Selain itu banyak file sampah yang membuat kinerja laptop melambat.

Salah satu cara mengatasi laptop macet atau hang, yaitu menghentikan program. Misalnya menekan kursor untuk mengeluarkan program. Selain itu, pengguna bisa menunggu sampai laptop kembali merespon.

Jika laptop tidak merespon, Anda bisa menekan tombol Ctrl + Alt + Delete di keyboard, lalu pilih task manager. Aplikasi ini akan memperlihatkan program berjalan yang mempengaruhi kinerja laptop. Anda bisa klik tombol end task untuk mengakhiri program. Cara lain yaitu mematikan paksa jika laptop tidak merespon apapun.

Cara Mematikan Laptop Hang

1. Menekan Tombol Power

Ketika laptop hang tampilan layar tidak merespon keyboard atau mouse. Cara mematikan laptop hang yaitu menekan tombol power. Cara ini dilakukan ketika laptop tidak merespon keyboard, mouse, atau sistem operasinya tidak merespon.

Advertisement

Tekan tombol power kurang lebih 15 detik sampai laptop mati. Sehingga laptop dipaksa untuk mati langsung dari hardware. Tetapi cara ini tidak direkomendasikan karena bisa membahayakan penggunaan laptop.

2. Matikan Laptop Melalui Start

Salah satu cara mematikan laptop hang bisa melalui tombol start. Pengguna bisa menekan tombol Windows untuk memunculkan menu start. Setelah itu klik icon tombol power lalu pilih shutdown untuk mematikan laptop.

3. Tekan Alt + F4

Kombinasi keyboard Alt + F4 membentuk mematikan laptop. Langkah ini bisa dipakai jika laptop dalam kondisi freeze atau hang. Tekan tombol Alt dan F4 secara bersamaan. Nantinya akan muncul jendela untuk mematikan laptop, sign out, restart, dan fitur lain. Ketika muncul shutdown tekan enter atau klik OK menggunakan kursor.

4. Menutup Layar Laptop

Cara mematikan laptop hang dengan cepat, bisa dengan langsung menutup layar laptop yang hang. Ketika menutup layar, laptop dalam mode sleep atau stand by. Artinya laptop masih menyala karena tanda lampu kecil di laptop masih menyala. Pengguna bisa menutup layar sementara waktu, sampai layar laptop mati. Setelah itu buka layar kembali dan tekan tombol power untuk menyalakan laptop.

Cara Mengatasi Laptop Hang

1. Membersihkan File Sampah

Selain cara mematikan laptop hang, Anda bisa mengatasinya dengan membersihkan file sampah yang menumpuk. File sampah tersebut, contohnya history browser, cache, dan sisa program aplikasi. Pengguna bisa menggunakan aplikasi seperti Ccleaner untuk membersihkan file sampah.

2. Hapus Aplikasi di Laptop

Selain itu Anda bisa uninstall aplikasi tidak penting yang memberatkan kinerja laptop. Aplikasi ini menyebabkan laptop sering eror dan tidak bisa dimatikan.

Cara uninstall aplikasi yaitu:

  • Buka pengaturan (settings)
  • Atau ketik add or remove programs di mesin pencari
  • Muncul jendela baru lalu gulir kebawah untuk melihat aplikasi
  • Aplikasi ini bisanya terinstal di Windows C
  • Ketuk aplikasi yang ingin dihapus
  • Klik uninstall untuk menghapus aplikasi
  • Tunggu hingga aplikasi terhapus otomatis

3. Menutup Aplikasi di Task Manager

Sebelum menerapkan cara mematikan laptop hang, Anda juga bisa melakukan beberapa langkah lain. Laptop hang bisa terjadi karena banyaknya program yang digunakan, tidak melakukan pembaruan, masalah hard drive, dan lainnya. Salah satu cara mengatasi laptop hang, yaitu menutup beberapa program di task manager. Cara ini bisa dilakukan jika laptop masih bisa merespon aplikasi lain.

Berikut cara menutup program di task manager:

  • Klik kanan bagian taskbar lalu pilih task manager
  • Atau cari task manager di menu pencarian
  • Setelah itu cari program yang tidak merespon atau memenuhi memori
  • Klik program tersebut lalu pilih end task

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait