4 Cara Mematikan Laptop Hang dengan Cepat

Dwi Latifatul Fajri
23 September 2022, 17:23
Cara Mematikan Laptop Hang
cottonbro/pexels
IlustrasiLaptop Hang

Komputer atau laptop hang menjadi masalah untuk beberapa orang, sehingga terkadang Anda perlu mengetahui cara mematikan laptop hang. Dalam kondisi hang biasanya tidak merespon perintah dari kursor atau mouse. Penyebab laptop hang, biasanya karena aplikasi yang terlalu berat untuk dijalankan. Selain itu banyak file sampah yang membuat kinerja laptop melambat.

Salah satu cara mengatasi laptop macet atau hang, yaitu menghentikan program. Misalnya menekan kursor untuk mengeluarkan program. Selain itu, pengguna bisa menunggu sampai laptop kembali merespon.

Jika laptop tidak merespon, Anda bisa menekan tombol Ctrl + Alt + Delete di keyboard, lalu pilih task manager. Aplikasi ini akan memperlihatkan program berjalan yang mempengaruhi kinerja laptop. Anda bisa klik tombol end task untuk mengakhiri program. Cara lain yaitu mematikan paksa jika laptop tidak merespon apapun.

Cara Mematikan Laptop Hang

1. Menekan Tombol Power

Ketika laptop hang tampilan layar tidak merespon keyboard atau mouse. Cara mematikan laptop hang yaitu menekan tombol power. Cara ini dilakukan ketika laptop tidak merespon keyboard, mouse, atau sistem operasinya tidak merespon.

Tekan tombol power kurang lebih 15 detik sampai laptop mati. Sehingga laptop dipaksa untuk mati langsung dari hardware. Tetapi cara ini tidak direkomendasikan karena bisa membahayakan penggunaan laptop.

2. Matikan Laptop Melalui Start

Salah satu cara mematikan laptop hang bisa melalui tombol start. Pengguna bisa menekan tombol Windows untuk memunculkan menu start. Setelah itu klik icon tombol power lalu pilih shutdown untuk mematikan laptop.

3. Tekan Alt + F4

Kombinasi keyboard Alt + F4 membentuk mematikan laptop. Langkah ini bisa dipakai jika laptop dalam kondisi freeze atau hang. Tekan tombol Alt dan F4 secara bersamaan. Nantinya akan muncul jendela untuk mematikan laptop, sign out, restart, dan fitur lain. Ketika muncul shutdown tekan enter atau klik OK menggunakan kursor.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...