4 Cara Mengganti Nomor WA Tanpa Kehilangan Riwayat Chat dan Kontak

Destiara Anggita Putri
4 November 2022, 11:42
Cara Mengganti Nomor WA
Unsplash
Ilustrasi, icon aplikasi WhatsApp.

Diantara berbagai aplikasi yang ada, Whatsapp telah menjadi  aplikasi yang wajib dimiliki oleh pengguna HP. Ini karena WhatsApp menyediakan berbagai fitur menarik yang bisa digunakan pengguna untuk berbagai keperluan. 

Dengan Whatsapp, pengguna bisa melakukan chatting, telpon, video call, bahkan update status melalui story WA. Untuk bisa menggunakan Whatsapp, pengguna  harus mendaftarkan nomor HP Anda untuk proses verifikasi.

Namun terkadang beberapa pengguna memiliki masalah pada nomor HP lamanya sehingga harus menggantinya dengan nomor yang baru.

Jika pengguna tersebut ternyata menggunakan nomor lama tersebut untuk mendaftar WA, tentunya mereka harus segera mengganti nomor tersebut dengan nomor yang baru .

Tetapi banyak pengguna was-was jika mereka mengganti nomor WA maka seluruh kontak dan chat pada nomor sebelumnya akan hilang. Bila Anda juga demikian, tidak perlu khawatir.

Pasalnya, Whatsapp telah menyediakan fitur dimana Anda bisa mengganti nomor tanpa menghapus riwayat pada nomor sebelumnya. Lantas, bagaimana caranya menggunakan fitur ini?  Simak penjelasannya di bawah ini. 

Syarat Ganti Nomor WA

Sebelum Anda mengganti nomor WA, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Dilansir dari laman resmi Whatsapp, berikut ini persyaratannya.

  • Pastikan bahwa nomor baru Anda dapat menerima SMS atau panggilan dan memiliki koneksi seluler yang aktif.
  • Pastikan bahwa nomor lama Anda saat ini terdaftar di WhatsApp. Anda dapat mengetahui nomor telepon yang terdaftar dengan membuka WhatsApp, lalu mengetuk Opsi lainnya > Setelan > ketuk foto profil.
  • Pastikan Anda menggunakan nomor telepon yang didukung. Nomor telepon yang tidak didukung tidak dapat didaftarkan di WhatsApp dan meliputi:
  • VoIP
  • Nomor telepon kabel (Catatan: Nomor telepon kabel hanya dapat digunakan di aplikasi WhatsApp Business)
  • Nomor bebas pulsa
  • Nomor premium berbayar
  • Nomor akses universal (UAN)
  • Nomor pribadi

Cara Mengganti Nomor WA

Setelah mengetahui persyaratan dii  atas, Anda bisa melakukan penggantian nomor WA dengan mudah. Ada empat cara yang bisa Anda pilih.  SImak penjelasannya setiap caranya di bawah ini. 

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...