6 Cara Mengetahui Nomor Kita Diblokir di WA dan Cara Mengatasinya

Destiara Anggita Putri
4 November 2022, 14:01
Cara Mengetahui Nomor Kita Diblokir di WA
Unsplash
Ilustrasi, tampilan chat dalam aplikasi WhatsApp.

WhatsApp (WA) merupakan salah satu aplikasi chatting terpopuler di Indonesia yang menyediakan berbagai fitur menarik bagi penggunanya. Salah satu fitur yang bisa digunakan adalah fitur block dimana pengguna bisa memblokir penguna lainnya

Tidak hannya itu, WA juga menyediakan fitur untuk mengecek apakah kita diblokir di WA. Bila Anda kesulitan menghubungi kontak WA tertentu, Anda bisa memanfaatkan fitur ini.

Advertisement

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan singkat berikut ini.

Cara Mengetahui Nomor Kita Diblokir di WA

Ada enam cara yang bisa dilakukan untuk mengecek apakah nomor WA diblokir oleh kontak tertentu Hal ini bisa dilakukan dengan mudah tanpa memerlukan aplikasi tambahan. .Simak penjelasan masing-masing cara berikut ini.

1. Periksa Waktu Terakhir Dilihat

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah mengecek apakah  Anda masih bisa melihat status “terakhir dilihat” dari orang yang memblokir Anda. Status ini sendiri merupakan status terakhir seseorang yang aktif menggunakan WA.

Jika Anda tidak bisa melihatnya, itu berarti orang tersebut telah memblokir Anda. Atau bisa jadi orang tersebut memang mematikan pengaturan status terakhirnya.

Whatsapp memang membebaskan pengguna untuk mengatur privasi “terakhir dilihat” melalui pengaturan. Anda bisa membuatnya bisa dilihat oleh orang yang masuk dalam kontak, semua orang,  dan bahkan tidak bisa dilihat siapa pun. 

2. Lihat Foto Profilnya

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah melihat foto profil orang tersebut dengan membuka kolom chat. Biasanya Anda hanya bisa melihat foto default orang tersebut bila Anda memang diblokir. Foto default ini berupa gambar yang berwarna abu-abu.

Tetapi, bisa jadi foto default tersebut disebabkan karena orang tersebut memang tidak menangkan foto profil dan membiarkannya seperti itu.  Penyebab lainnya adalah orang tersebut tidak Anda masukan ke dalam kotak sehingga Anda tidak bisa melihat foto profilnya.

3. Tidak Bisa Melihat Status

Selain melihat foto profil, Anda juga bisa mengeceknya melalui status orang tersebut.  Bila Anda tidak sia melihat status yang diunggah nya, bisa jadi Anda telah diblokir.

Penyebab lainnya adalah mungkin orang tersebut telah mengatur privasi status Wa nya hanya untuk dilihat oleh beberapa orang.  Untuk memastikannya, Anda bisa bertanya kepada teman Anda yang berteman dengan orang tersebut. 

Tanyakan apakah mereka masih bisa melihat pesan status orang tersebut atau tidak. Jika mereka bisa melihatnya dan Anda tidak, itu berarti kontak Anda memang telah diblokir

4. Kirim Pesan

Anda bisa mencoba mengirimkan orang tersebut pesan untuk mengecek apakah akun WA Anda diblokir atau tidak. JIka pesan tidak terkirim, itu  berarti Anda telah diblokir oleh orang tersebut.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement