Menilik Cara Membekukan Akun DANA Penipu dengan Mudah dan Cepat
Cara membekukan akun DANA penipu penting Anda ketahui karena saat ini marak sekali modus penipuan online. Dengan semakin berkembangnya teknologi, semuanya lebih mudah dilakukan melalui smartphone.
Begitu juga dengan penipuan OTP transaksi DANA, mudah sekali bagi penipu untuk melancarkan aksinya. Di antaranya meminta kode OTP atau pin dompet digital. Masih banyak lagi kasus penipuan lain yang bisa Anda cari tahu di sini.
Cara Membekukan Akun DANA Penipu
Melansir dari dana.id, membekukan akun DANA penipu bisa dilakukan dengan mengirim email ke [email protected] atau telepon customer service DANA di nomor 1500445. Berikut penjelasan lengkapnya:
1. Menghubungi Customer Service Melalui Telepon
Cara membekukan akun DANA penipu pertama ialah dengan menghubungi customer service melalui telepon. Jika menggunakan cara ini, Anda harus menyiapkan pulsa cukup untuk menelpon. Berikut langkah-langkahnya:
- Apabila pulsa sudah dipastikan cukup, silahkan hubungi customer service DANA di nomor 1500445
- Ceritakan kronologi kejadian secara lengkap dan jelas
- Siapkan bukti bahwa Anda telah tertipu
Selain kronologi kejadian, pastikan laporan mengandung informasi berikut:
- Bukti transfer berupa mutasi rekening yang menunjukan tanggal dan jam transaksi
- Chat atau log panggilan dengan penipu atau bukti pendukung lain yang bisa memperkuat laporan
2. Melalui Email
Cara membekukan akun DANA penipu selanjutnya bisa dilakukan dengan menghubungi pihak customer service melalui email. Berbeda dengan telepon di mana laporan langsung dilayani secara on time, via email membutuhkan waktu berhari-hari. Adapun berikut langkah-langkahnya:
- Mengirim email ke [email protected]
Langkah pertama silahkan email pihak DANA ke [email protected] dengan menyampaikan laporan bahwa Anda telah tertipu dan ingin membekukan akun DANA tersebut.
- Tunggu Balasan dari DANA
Setelah itu, silahkan tunggu balasan dari pihak DANA. Biasanya akan ada 2 email, pertama pemberitahuan bahwa email Anda sudah masuk ke DANA dan akan segera diproses. Adapun email kedua berisi sejumlah pesan yang harus dijawab.
- Lampirkan Berkas dan Bukti
Langkah ketiga Anda harus melampirkan berkas dan bukti penipuan berupa foto/screenshoot bukti transaksi, log panggilan dan sejumlah pendukung lainnya melalui email.
- Tunggu Email Lanjutan
Jika sudah mengirimkan barang bukti, silahkan tunggu email lanjutan karena ada kemungkinan disuruh untuk melengkapi data. Misalnya ada data yang kurang akurat sehingga harus diperbarui. Tapi jika sudah lengkap, DANA akan langsung memproses laporan dan membekukan akun DANA penipu.
Bentuk Penipuan yang Kerap Terjadi
Perlu diketahui, ada banyak bentuk penipuan yang kerap terjadi, berikut di antaranya: