Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri dan Daftar Programnya

Ghina Aulia
15 November 2022, 18:31
Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri
IMDB
Ilustrasi, kuliah.

Menempuh pendidikan sampai tuntas bisa jadi merupakan impian semua orang. Dengan demikian, kita bisa lebih mudah dalam menggapai cita-cita. Termasuk bekerja di tempat tertentu dengan profesi yang diimpikan.

Tak heran ketika pendidikan menjadi salah satu yang paling penting. Namun di balik hal tersebut, tentu selalu ada kendala. Salah satu yang kerap menjadi hambatan adalah masalah ekonomi.

Cara termudah yang bisa dijadikan pilihan adalah dengan mengikuti program beasiswa. Fasilitas yang didapatkan bisa berupa potongan biaya pendidikan hingga selesai. Beberapa program beasiswa juga ada yang menyediakan tunjangan hidup, bahkan tempat tinggal.

Berikut ini ulasan mengenai bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri. Beberapa di antaranya berlaku untuk program kuliah S1 dan S2. Dilansir dari Glints.com, berikut ini adalah penjelasannya.

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Mendapatkan beasiswa tentu bukanlah hal yang mudah. Terlebih ketika Anda ingin mendaftar pendidikan di luar negeri. Seleksinya akan lebih ketat dan sebaiknya Anda memiliki ‘senjata’ yang lengkap untuk ini. Berikut ini adalah cara-cara yang harus dilakukan.

1. Punya Banyak Prestasi Akademik

Prestasi akademik merupakan hal paling mendasar yang harus dimiliki ketika Anda ingin mendaftar beasiswa kuliah di luar negeri. Dari hal inilah, pihak penyedia beasiswa dapat mempertimbangkan apakah Anda layak atau tidak.

2. Telusuri Lembaga Penyedia Program Beasiswa

Sebelum menelusuri, sebaiknya Anda juga harus tahu lembaga mana yang akan menjadi sasaran. Setelah itu, cari tahu banyak tentang lembaga terkait. Termasuk detail fasilitas beasiswa yang ditawarkan.

3. Hubungi Lembaga

Setelah sudah tahu pasti lembaga mana yang akan dipilih dan sudah menelusuri, Anda dapat menghubungi pihaknya. Tujuannya untuk menyampaikan maksud Anda yang ingin mendaftar beasiswa dan mengkonfirmasi hal-hal yang mungkin masih kurang jelas.

4. Kantongi Surat Rekomendasi

Salah satu hal penting dalam mendaftar beasiswa luar negeri adalah surat rekomendasi dari lembaga pendidikan sebelumnya. Untuk Anda yang mengincar program S1, bisa minta dari pihak sekolah. Demikian dengan program S2, surat rekomendasi harus berasal dari universitas S1.

5. Mahir Berbahasa Asing

Sebelum memutuskan akan mendaftar beasiswa, akan lebih baik apabila Anda sudah lumayan mahir dalam berbahasa asing. Pasalnya, mahasiswa asing yang kuliah di luar negeri biasanya perlu mengantongi hasil tes Bahasa Inggris dengan skor tertentu. Demikian juga dengan bahasa negara tertentu yang biasanya mengharuskan Anda mengambil kursus terlebih dahulu.

6. Mulai Membuat CV, Motivation Letter dan Essay

Dokumen penting yang harus disertakan adalah curriculum vitae yang berisi data diri dan track record akademik. Lalu, motivation letter biasanya ditulis dalam Bahasa Inggris yang berisi alasan Anda ingin mendaftar. Terakhir adalah essay yang sekarang banyak dijadikan syarat dalam mendapatkan beasiswa.

7. Latihan Wawancara

Apabila sudah dinyatakan lulus seleksi berkas, biasanya Anda diminta untuk mengikuti wawancara. Untuk proses wawancara yang lancar, sebaiknya Anda banyak berlatih. Namun jangan lupa untuk menjadi diri sendiri dan tidak dibuat-buat.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...