8 Cara Mengatur Gaji 2 Juta per Bulan

Anggi Mardiana
16 November 2022, 12:09
cara mengatur gaji 2 juta
Freepik
Ilustrasi, seseorang melakukan perencanaan keuangan pribadi.

Cara mengatur gaji 2 juta penting dilakukan agar tidak boros dan uang cukup untuk memenuhi kebutuhan dalam satu bulan. Meski Rp 2 juta merupakan nominal gaji yang kecil, tapi Anda tetap bisa mengoptimalkannya dengan selektif memilih pengeluaran.

Salah satu cara mengoptimalkan gaji, adalah menyisihkan sebagian untuk tabungan atau investasi. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan tambahan penghasilan meski tidak seberapa.

Ini memungkinkan untuk dilakukan, karena persyaratan untuk tabungan dan/atau investasi kini tidak terlalu berat. Ditambah lagi, saat ini sudah banyak platform digital legal untuk investasi.

5 Kesalahan Mengatur Keuangan

Bagaimana cara mengatur gaji 2 juta per bulan menjadi pertanyaan yang kerap ditanyakan. Sebelum membahas terkait caranya, berikut 5 kesalahan mengatur keuangan yang dilansir dari idxchannel.com.

1. Menganggap Kecil Pengeluaran

Kesalahan pertama adalah, kerap menganggap kecil pengeluaran padahal jika dikumpulkan bisa jadi besar. Jadi tidak perlu heran apabila uang habis tanpa disadari. Tetap pertimbangkan setiap pengeluaran yang dibelanjakan.

2. Tidak Memiliki Tujuan Keuangan

Dalam melakukan manajemen keuangan, tidak memiliki tujuan keuangan jelas merupakan kesalahan besar yang tidak boleh dilakukan. Kondisi ini membuat situasi keuangan jadi tidak jelas dan sulit memenuhi beragam kebutuhan.

3. Melakukan Investasi Tanpa Pengetahuan

Memulai investasi tanpa diimbangi dengan pengetahuan dan perencanaan yang matang akan membuat uang habis tanpa menghasilkan apa-apa. Terlebih jika Anda memilih investasi saham yang mana fluktuatif dan membutuhkan teknik matang agar tidak rugi.

4. Mudah Berutang

Sekilas utang tampak menggiurkan saat memiliki keinginan tapi tidak punya uang. Namun semakin banyak utang, beban pengeluaran akan semakin besar sehingga harus dihindari. Jangan sampai terlilit dengan bunga karena tidak mampu membayar, alhasil membayar utang pakai utang.

5. Tidak Memiliki Tabungan

Tabungan penting diperhitungkan untuk membiayai kebutuhan tidak terduga atau darurat. Yang mana sifatnya mendadak dan harus ada saat itu juga. Dengan memiliki tabungan sendiri jadi tidak perlu berutang sehingga bisa terhindar dari beban bunga.

8 Cara Mengatur Gaji 2 Juta per Bulan agar Tidak Boros

Banyak cara yang bisa dilakukan saat mengatur gaji 2 juta per bulan, berikut di antaranya:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...